Salin Artikel

Bangunan Hancur Imbas Tanah Bergerak, Sekolah di Bandung Barat Direlokasi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Kegiatan belajar mengajar (KBM) puluhan siswa SDN I Babakan Talang direlokasi ke MTs Al Ikhlas, Babakan Talang.

Relokasi itu menyusul bencana pergerakan tanah yang menghancurkan bangunan sekolah tersebut di Kampung Cigombong, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, pada Kamis (29/2/2024) pagi.

Kepala SDN I Babakan Talang, Iis Dida Nurjanah mengaku menyadari ada pergerakan tanah sejak Senin (19/2/2024). Dampaknya, ada rekahan di halaman, meluas sampai ke bangunan sekolah.

"Kejadian ambruknya tadi pagi. Ada 6 ruang kelas, 1 ruang guru, 1 ruang perpustakaan dan toilet tapi gak semua, masih ada bangunan yang berdiri," ungkap Iis saat ditemui.

Rekahan tanah yang awalnya hanya sejengkal semakin bertambah lebar dari hari ke hari. Puncaknya terjadi pagi ini dengan rekahan 5-10 meter dengan kedalaman 3 meter.

Pada saat awal diketahui ada retakan, Iis sadar bahwa pergerakan tanah itu akan bertambah dan membahayakan siswa. Karena itu, Rabu (21/2/2024), KBM diberlakukan daring sampai akhir pekan.

"Jadi memang pergerakan tanahnya itu terasa saat kita melaksanakan upacara di halaman sekolah. Saat itu belum terlalu khawatir, Selasa juga masih masuk. Hari Rabu retakannya semakin besar sehingga kami mengambil kebijakan untuk memberlakukan daring saat itu," papar Iis.

Hingga kini, pergerakan tanah masih dimungkinkan terjadi. Sehingga aktivitas belajar direlokasi ke MTs Al Ikhlas Babakan Talang demi keselamatan dan kenyamanan siswa.

"Pindah ke sini sejak hari Senin kemarin. Alhamdulillah KBM berjalan normal tidak terganggu," ungkap Iis.

Iis belum bisa memastikan sampai kapan sekolahnya mengungsi ke MTs Al Ikhlas Babakan Talang. Pihak sekolah saat ini baru memikirkan bagaimana hak warga negara untuk mendapat pendidikan layak harus berjalan.

"Enggak tahu sampai kapan di sini. Kebetulan pemilik Yayasannya mempersilakan. Jadi yang penting KBM jalan dulu," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/29/150154778/bangunan-hancur-imbas-tanah-bergerak-sekolah-di-bandung-barat-direlokasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke