Salin Artikel

Cerita Warga Penerima Beras Bantuan: 10 Kg Mana Cukup, tapi Alhamdulillah...

Beras pangan bantuan pemerintah ini dibagikan secara serentak di 126 kelurahan di Bandar Lampung, Rabu (28/2/2024).

Salah satu warga yang ditemui di Kelurahan Gedong Air, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Iswadi Afrianto (41) mengatakan beras itu diberikan secara gratis.

"Gratis, tapi hanya beras saja, 10 kilogram," katanya, Rabu siang.

Menurutnya, jumlah 10 kilogram itu sebenarnya kurang mencukupi kebutuhan pangan untuk lima orang anggota keluarganya di rumah selama sebulan.

Iswadi tinggal bersama tiga orang anak dan seorang istri di rumah kontrakannya yang tidak jauh dari kantor kelurahan.

Namun meski demikian, Iswadi mengaku tetap bersyukur dengan adanya pemberian beras bantuan ini. Sebab beras bantuan ini diberikan hingga Juni 2024.

"Tapi ya alhamdulilah, masih dapat bantuan sampai Juni (2024) besok. Jadi bisa ngurangin pengeluaran beli beras," katanya.

Begitu juga dengan Juliana (37) warga lainnya yang ikut mengantre pembagian beras bantuan di Kelurahan Sukajawa, Kecamatan Tanjung Karang Barat.

"Alhamdulilah, Mas. Harga beras juga lagi mahal sekarang. Sekilo kalau beli eceran bisa sampai Rp 18.000," kata Juliana.


Dia menceritakan, sejak harga beras melambung tinggi, dia tidak pernah lagi membeli dalam kemasan karung baik itu 5 kilogram maupun 10 kilogram.

"Enggak sanggup belinya. (Beras kemasan) yang 10 kilogram di agen udah sekitar Rp 170.000-an, jadi beli eceran di warung, sekali beli paling cuma 2 kilogram," kata dia.

Ibu dua orang anak ini mengatakan pemberian beras bantuan ini sangat membantunya menekan pengeluaran, khususnya pangan untuk keluarganya.

"Kalau buat tahan sampai satu bulan sih nggak, paling tiga minggu kurang. Tapi alhamdulilah, uang beli beras bisa dipakai beli kebutuhan yang lain," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/28/133149878/cerita-warga-penerima-beras-bantuan-10-kg-mana-cukup-tapi-alhamdulillah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke