Salin Artikel

2 Petugas KPPS di Makassar Meninggal, 5 Orang Dirawat

Kedua anggota KPPS yang meninggal, yakni William (24), warga Perumahan Makassar Indah, Antang, dan Daliyah Salsabila (23), warga Kelurahan Minasa Upa, Makassar.

Ketua KPU Makassar Hambaliie yang ditemui di rumah duka William mengatakan, 2 petugas KPPS meninggal diduga akibat kelelahan. 

"Kedua petugas KPPS ini sebelum meninggal sempat sakit setelah mengantar undangan memilih pada tanggal 13 Februari 2024. Keduanya sempat dirawat di rumah sakit," katanya. 

Hambaliie mengungkapkan, selain dua orang petugas KPPS yang meninggal, tercatat ada 5 orang yang jatuh sakit dan tengah dirawat di rumah sakit. 

"Ada 5 orang petugas KPPS yang jatuh sakit dan sementara perawatan di rumah sakit. Saya baru mengecek semua keadaannya di rumah sakit," ujarnya. 

Hambaliie menuturkan, pihaknya sedang membicarakan santunan bagi korban yang meninggal dunia dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan. Sebab, seluruh KPPS terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Saat ditanya pemeriksaan kesehatan petugas KPPS sebelum pelantikan, Hambaliie mengaku ada tes kesehatan di tingkat puskesmas masing-masing. Selain itu pula, ada surat keterangan berbadan sehat yang dilampirkan saat pendaftaran sebagai KPPS.

"Almarhum William ini berdasarkan keterangan orangtuanya tidak ada riwayat penyakitnya dan tidak pernah dirawat di rumah sakit. Cuma malam itu, dia demam (kelelahan) sepertinya begitu, karena dia demam lalu dia buang-buang air itu keterangan orangtuanya," ungkapnya. 

Hambaliie menambahkan, almarhum William belum sempat melaksanakan tugas di TPS. Dia jatuh sakit saat mendistribusikan undangan ke pemilih. 

"Kalau KPPS yang satu lagi, almarhumah Daliyah juga meninggal dunia, Rabu (14/2/2024). Namun saat itu, dia tidak bertugas karena sakit. Diduga karena kelelahan, sama seperti almarhum William. Korban yang meninggal ini keduanya berusia muda," jelasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2024/02/15/194210178/2-petugas-kpps-di-makassar-meninggal-5-orang-dirawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke