Salin Artikel

Agar Tak Ada Lagi yang Gugur, Anggota KPPS Dilarang Bergadang

KPPS diharapkan dalam kondisi bugar saat memulai pemungutan suara pagi harinya.

Selain itu, pekerjaan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) diprediksi bisa berlangsung sampai malam sehingga membutuhkan kondisi fisik yang prima.

"Kami imbau pada KPPS agar bisa istirahat dan tidak begadang malam ini. Karena pagi-pagi setelah subuh akan memulai tugas di TPS," kata Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Gerunggang, Iqbal kepada Kompas.com di Kantor Lurah Tua Tunu Indah, Selasa (13/2/2024).

Iqbal berharap, peristiwa kematian massal yang menimpa KPPS pada pemilu lalu tidak terulang kembali.

Untuk itu, sejak awal KPPS telah diperingatkan untuk menjaga kesehatannya.

Sehari jelang pemungutan suara, KPPS diminta mempersiapkan TPS masing-masing lebih awal agar malam harinya bisa istirahat.

"Malam ini seluruh logistik ada di kantor lurah. Sudah ada pengawalan dari kepolisian yang dibantu TNI juga. Jadi KPPS bisa berkonsentrasi untuk memulai tugasnya besok pagi," ujar Iqbal.

Tercatat sebanyak 126 TPS di Kecamatan Gerunggang dengan 882 anggota KPPS.

Dari jumlah tersebut, terdapat dua TPS lokasi khusus, yakni di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tua Tunu, Pangkalpinang.

"Sampai tadi kami koordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS), pengiriman logistik berjalan lancar. Saat ini telah berada di kantor lurah masing-masing dan besok pagi didistribusikan ke TPS," beber Iqbal.

Komisioner KPU Pangkalpinang Margarita mengatakan, kerja sama dengan Dinas Kesehatan telah dilakukan untuk mendukung penyelenggara pemilu khususnya KPPS.

"Ada bantuan multivitamin yang telah disalurkan pada KPPS. Kemudian saat rekap di kecamatan, ada ambulans dan peralatan medis yang disiagakan sehingga kondisi darurat bisa cepat tertangani," ucap Margarita.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/13/194821778/agar-tak-ada-lagi-yang-gugur-anggota-kpps-dilarang-bergadang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke