Salin Artikel

Libur Panjang, Pelancong Tumpah Ruah di Lokasi Wisata Lampung

Ribuan pelancong ini mendatangi sejumlah lokasi wisata favorit di Lampung, mulai dari wisata pantai hingga wisata kekinian (instagramable).   

Pantauan Kompas.com sejak Kamis (8/2/2024) hingga Sabtu (10/2/2024), para pelancong ini sebagian besar berasal dari wilayah Sumatera bagian selatan dan Jakarta.

Akibat melonjaknya jumlah pelancong ini, semua hotel hingga homestay terisi penuh.

Salah satu pelancong asal Riau, Desmila (26) mengaku beruntung sudah memesan kamar hotel sejak pekan lalu.

"Memang rencana mau liburan di Lampung, jadi kita pesan jauh hari. Ternyata benar, hotel penuh, saya minta ekstra bed juga nggak dapat," kata Desmila ditemui di Pantai Mutun, Pesawaran, Sabtu (10/2/2024) pagi.

Desmila mengaku ada beberapa tempat wisata yang memang diincarnya untuk disinggahi. Sejak tiba di Lampung pada Kamis (8/2/2024) malam, sudah tiga lokasi wisata didatanginya.

"Saya suka liburan ke Lampung, di sini lengkap, kemarin liburan ke wisata gunung, hari ini ke pantai," kata Desmila yang berlibur bersama sejumlah rekan kerjanya.

Salah seorang wisatawan asal Sumatera Selatan, Hilman (35), mengaku selalu menanti momen liburan untuk pergi ke Lampung.

Menurutnya, akses ke Lampung dari Sumatera Selatan sangat mudah dijangkau dan cepat. "Lewat jalan tol cuma 4 jam," katanya saat ditemui di Pantai Sari Ringgung, Pesawaran.

Dia mengaku tidak takut dengan stigma "begal" dan menyeramkan yang berkembang di kalangan publik. Karena, dalam kenyataannya Hilman justru menjumpai hal sebaliknya.

"Aman kok, banyak polisi juga kami temui sampai sini," kata dia.

Sementara itu, Kapolda Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Helmy Santika mengatakan, kepolisian menjamin keamanan para wisatawan yang ke Lampung.

"Keamanan para wisatawan yang berkunjung ke Lampung adalah prioritas utama kami. Bersama Polda Lampung, kami berkomitmen untuk menyediakan pengalaman liburan yang aman dan tak terlupakan," pungkas dia. 

https://regional.kompas.com/read/2024/02/10/150554878/libur-panjang-pelancong-tumpah-ruah-di-lokasi-wisata-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke