Salin Artikel

Dengar Aspirasi Warga dan Berdayakan UMKM, PJ Gubernur NTB Gagas Program Jumat Salam

Progam Jumat Salam merupakan akronim dari Jumpa Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat. Jadi, Pj bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) blusukan ke desa-desa.

Ditemui di kantornya, Gita sapaan akrab PJ mengatakan, dengan turun ke desa-desa setiap hari Jumat diharapkan para OPD dapat mendengar langsung aspirasi masyarakat dan memecahkan persoalan yang dihadapi.

"Kegiatan Jumat Salam ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat dan OPD. Mendengar langsung suara-suara masyarakat, berkoordinasi dan memberikan tawaran solusi hingga pembangunan dapat berjalan baik dan maksimal,” ungkap Gita," Senin (8/1/2024).

Salah satu pengalaman konkret yang ditemui, memberikan lahan aset Pemprov untuk dijadikan tempat pemakaman umum warga.

"Salah satu contoh masyarakat telah menggunakan lahan Pemprov untuk dijadikan lokasi pemakamannya."

"Tapi di data BPKAD itu masih berproduksi, setelah kami lakukan komunikasi akhirnya itu bisa jadi milik warga, gak mungkin kami bongkar (jenazah). Hal seperti ini kami harus tahu kondisi masyarakat," kata Gita.

Selain mendengar aneka persoalan masyarakat, progam Jumat Salam ini juga memberikan dampak ekonomi UMKM masyarakat yang dikunjungi.

"Jadi dalam kegiatan itu kami undang para UMKM dari desa-desa untuk menjajakan dagangannya. Nanti masyarakat umum para pejabat OPD yang membeli, jadi ekonomi itu bisa bergerak di tingkat-tingkat bawah," ungkap Gita.

Ia menjelaskan, ratusan makanan tradisional dijajakan melalui dari pelecing, serabi hingga beranekaragam hasil bumi.

Dalam kegiatan tersebut para OPD diarahkan mengenakan sarung tradisional khas tiga suku yang berada di NTB yakni Sasak, Sembawa dan Bima.

"Kami arahkan juga para OPD ini pakai londong (sarung) berbaur bersama masyarakat. Hal ini juga bentuk membangun cinta semangat atas hasil karya seni kebudayaan kita," kata Gita. 

https://regional.kompas.com/read/2024/01/09/095353678/dengar-aspirasi-warga-dan-berdayakan-umkm-pj-gubernur-ntb-gagas-program

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke