Salin Artikel

Situ Ranca Gede Berubah Jadi Lahan Pabrik, Negara Berpotensi Merugi Rp 1 Triliun

Situ yang menjadi aset Pemprov Banten seluas 25 hektar ini sudah berubah menjadi bangunan pabrik.

"Ada situ yang hilang yaitu (Situ) Ranca Gede, Jakung, bahwa situ seluas 25 hektar sudah tiba tiba menjadi daratan dan sudah berdiri beberapa pabrik," kata Didik kepada wartawan di Serang. Kamis (28/12/2023).

"Sehingga ini perlu tratment khusus dan sudah ditangani Pidsus karena ada kerugian negaram 25 hektar tanah itu kalau tanah disitu katakanlah Rp4 juta kali 25 hektare yah Rp 1 triliun," sambung Didik.

Didik menjelaskan, perkara tersebut kini sudah dinaikkan oleh penyidik dari penyelidikan ke penyidikan karena dinilai ada tindak pidananya dan akan segera menetapkan tersangka.

Saat proses penyelidikan, lanjut Didik, 25 orang saksi sudah dimintai keterangannya mulai dari petani, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Pemprov Banten.

"Mohon bersabar komitmen kami Insya Allah semua kita tangani. (Penetapan tersangka) kita lihat dulu proses penyidikan, karena hukum selalu ada jalan," ujar dia.

Didik menyebutkan, proses penyelidikan dan penyidikan membutuhkan waktu untuk menentukan pihak yang harus bertanggungjawab dengan alih fungsi aset tersebut.

"Sudah lama juga penguasaan itu dan sudah beralih juga dulu menguasai dijual, dijual. Nah itu butuh waktu," kata Didik.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/28/205955578/situ-ranca-gede-berubah-jadi-lahan-pabrik-negara-berpotensi-merugi-rp-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke