Salin Artikel

Libur Nataru, Waspadai 3 "Black Spot" Pantura Demak

DEMAK, KOMPAS.com - Memasuki libur Natal 2023 dan tahun baru 2024, volume arus kendaraan di jalur Pantura Demak diperkirakan mengalami kenaikan mulai 23 Desember 2023.

Kasat Lantas Polres Demak, AKP Lingga Ramadhani, memastikan arus lalu lintas Pantura Demak, lancar dan aman dilewati.

"Perkiraan kepadatan itu mulai besok tanggal 23 atau 24 itu sudah mulai Pantura Demak. InsyaAllah menghadapi Nataru lancar," katanya saat dihubungi melalui telepon, Jumat (22/12/2023).

Kendati demikian, ia meminta para pengguna jalan untuk mewaspadai 3 area black spot yang ada di Pantura Demak.

AKP Lingga menyebut, area black spot Pantura Demak berada di wilayah Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Karangtengah, dan jalan menuju arah Jepara.

Kata dia, dari tiga daerah itu terdapat beberapa titik jalan yang minim penerangan dan berlubang.

"Rawan kecelakaan itu ada di jalur arah Jepara, kemudian Karanganyar, kemudian Karangtengah. Karena di wilayah itu minim penerangan sama ada beberapa jalan yang masih berlubang," ungkapnya.

Menurutnya pembangunan jalan di Kecamatan Karanganyar yang sempat jadi penyebab kemacetan, sudah rampung pada 20 Desember 2023. Namun yang ia khawatirkan adalah overdrive.

"Yang kita takutkan itu overdrive, karena jalan sudah bagus," beber dia.

Adapun untuk wilayah Kecamatan Sayung, apabila nanti terjadi banjir rob pihaknya sudah menyiapkan tim urai dan tim respons cepat agar lalu lintas tetap lancar.

"Wilayah Sayung apabila terjadi rob kita bentuk tim khusus tim urai sama tim respons cepat, kita siapkan juga jalur alternatif via Onggorawe itu apabila terjadi sesuatu," katanya.

Meskipun selama libur Nataru seluruh Pantura Demak lancar, ia mengimbau pengguna jalan tetap berhati-hati dan memerhatikan kecepatan saat berkendara.

"Alhamdulillah jalan sudah bisa dilewati seluruhnya dan lancar. Tetap perhatikan kecepatan tidak usah terburu-buru, apabila lelah apabila ngantuk silahkan ke rest area yang tersedia," tukasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/22/190455278/libur-nataru-waspadai-3-black-spot-pantura-demak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke