Salin Artikel

Generasi Muda Jadi Harapan Bangsa, Pj Gubernur Banten: Nilai Antikorupsi Perlu Diajarkan Sejak Dini

 

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 dengan melibatkan para pelajar dari berbagai sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat di Provinsi Banten.

Peringatan Hakordia 2023 di Provinsi Banten mengusung tema “Sinergi Berantas Korupsi Untuk Indonesia Maju”. Kegiatan ini diselenggarakan di Plaza Aspirasi Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang, Banten, Sabtu (9/12/2023).

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan bahwa pencegahan korupsi merupakan kunci untuk mempercepat pencapaian kesejahteraan bersama. Oleh karena itu, Pemprov Banten terus berupaya meningkatkan pencegahan korupsi, salah satunya dengan melibatkan generasi muda.

Menurutnya, nilai-nilai antikorupsi perlu ditanamkan sejak dini. Sebab, generasi muda merupakan harapan masa depan bangsa Indonesia.

“Generasi muda harus dipersiapkan untuk menjadi pemimpin Indonesia yang jujur dan amanah. Mereka harus memiliki nilai-nilai antikorupsi, seperti kejujuran, transparansi, dan akuntabilitas,” ujar Al Muktabar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (10/12/2023).

Dengan memiliki nilai-nilai tersebut, imbuhnya, daya saing generasi muda Indonesia di mata dunia menjadi meningkat. Pasalnya, mereka bisa bekerja menjalankan amanah.

“Dunia global menghendaki tatanan orang yang amanah dalam bekerja, berbuat, dan bertindak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Al Muktabar menuturkan bahwa Pemprov Banten bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah bersinergi dengan berbagai pihak dalam upaya pencegahan korupsi. Utamanya, di Provinsi Banten.

Pihak tersebut di antaranya adalah para pejabat Pemprov Banten, pemerintah kabupaten (pemkab) dan pemerintah kota (pemkot) se-Provinsi Banten, pihak swasta, pengusaha, tokoh masyarakat, serta organisasi profesi.

“Kami selalu berkolaborasi dengan konsep pentaheliks. Mudah-mudahan, segala ikhtiar ini akan terus menempatkan Provinsi Banten dalam pencegahan korupsi,” ucapnya.

Pencegahan korupsi pun dilakukan dari berbagai lini, bahkan dimulai dari tingkat desa. Contohnya, pada 2022, Desa Gunungbatu Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, ditetapkan sebagai Desa Percontohan Antikorupsi.

“Kami berharap, Desa Gunungbatu bisa dicontoh oleh desa-desa lain,” ujarnya.

Pada peringatan Hakordia 2023, para murid menampilkan berbagai kesenian dan keterampilan bertema antikorupsi. Selain itu, terdapat pula berbagai lomba, seperti lomba pidato, poster, video ceramah, cipta lagu, dan film pendek.

Para pemenang lomba diberikan hadiah oleh Pemprov Banten. Lomba pidato juara pertama diraih oleh Ajeng Briliandini Putrie Suryadi, disusul Liah Solehatun Nisah dan Nazlia Nursyahbani.

Sementara, juara pertama lomba poster diraih oleh Flarines Yena FF, disusul juara kedua Efan Rivalni. Kemudian, pemenang lomba video ceramah berdasarkan urutan 1-3 adalah Febi Anggraini, Agus Supriatna, dan Lukman Hakim. (ADV)

 

https://regional.kompas.com/read/2023/12/10/194323678/generasi-muda-jadi-harapan-bangsa-pj-gubernur-banten-nilai-antikorupsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke