Salin Artikel

Imbas Longsor Menutupi Rel di Banyumas, Sejumlah Perjalanan Kereta Api ke Semarang Dibatalkan

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 4 Semarang, Jawa Tengah (Jateng), melakukan rekayasa perjalanan Kereta Api Kamandaka dan Kereta Api Joglsemarkerto.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan, rekayasa itu dilakukan karena petak jalan Karanggandul-Karangsari Kabupaten Banyumas, longsor.

"Saat ini yang terdampak akibat adanya longsoran pada petak jalan Karanggandul-Karangsari Kabupaten Banyumas yaitu Kamandaka dan Joglosemarkerto," kata Franoto, saat dikonfirmasi via WhatsApp, Senin (4/12/2023).

Akibat bencana longsor tersebut, ada beberapa kereta api yang harus dibatalkan perjalanannya, dan beberapa kereta api juga dilakukan rekayasa pola operasi.

Adapun KA yang dibatalkan perjalannya meliputi Kereta Api 158 Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang Bank Jateng yang harusnya berangkat dari Stasiun Cilacap pukul 05.00 WIB.

"Selain itu, ada juga Kereta Api 155 Kamandaka relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Bumiayu yang harusnya berangkat dari Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 09.22 WIB yang ikut dibatalkan," papar dia.

Selanjutnya untuk rekayasa pola operasi, Daop 4 Semarang melakukan pemangkasan relasi untuk Kereta Api 161 Joglosemarkerto yang seharusnya beroperasi dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Tegal-Purwokerto, menjadi hanya sampai dengan Tegal saja.

"Selain itu juga terdapat kereta api memutar di mana seharusnya melewati jalur selatan, dialihkan menuju jalur utara," imbuh dia.

Sejauh ini, terdapat 9 perjalanan kereta api yang memutar di antaranya Kereta Api 116 Ranggajati dengan relasi Cirebon-Jember, Kereta Api 18 Argo Semeru dengan relasi Gambir-Surabaya Gubeng, Kereta Api 88 Fajar Utama Solo dengan relasi Pasar Senen-Solo Balapan, Kereta Api 246 Bengawan dengan relasi Pasar Senen-Purwosari.

Selain itu, juga ada Kereta Api 142 Fajar Utama Yogya dengan relasi Pasar Senen-Yogyakarta, Kereta Api 67 Taksaka dengan relasi Yogyakarta-Gambir, Kereta Api 7 Argo Lawu dengan relasi Solo Balapan-Gambir, Kereta Api 10 Argo Dwipangga dengan relasi Gambir-Solo Balapan, dan Kereta 68 Taksaka dengan relasi Gambir-Yogyakarta.

"Dengan berubahnya pola operasi perjalanan kereta api, serta pembatalan beberapa perjalanan kereta api lainnya, KAI mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa kereta api,” ungkap Franoto.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/04/111723178/imbas-longsor-menutupi-rel-di-banyumas-sejumlah-perjalanan-kereta-api-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke