Salin Artikel

Ekonomi Magelang Bergeliat berkat Borobudur Marathon, Hotel dan Penginapan Penuh

Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang digelar di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Minggu, (19/11/2023) menyedot ribuan orang datang ke kota seribu bunga ini.

Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An mengatakan, potensi ekonomi dalam penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 terhadap perekonomian lokal cukup banyak.

"Penginapan terisi penuh oleh pelari dari seluruh penjuru dunia, hotel dan penginapan untuk Borobudur Marathon sudah habis di boking sejak Agustus," kata Liem Chie An di lokasi lomba.

Antusiasme yang tinggi dirasakan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Borobudur Marathon 2023. Mulai dari warga yang mengisi rute dengan cheering, pengusaha kuliner, penyedia transportasi, dan usaha usaha lain yang ada.

"Harapannya, Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng dapat memberikan dampak positif yang lebih lagi dari tahun sebelumnya untuk masyarakat, pelari, dan semua stakeholder yang terlibat," ujar Liem.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo menambahkan, event ini digelar atas kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng, Harian Kompas, dan Yayasan Borobudur Marathon dengan mengusung tema “Voice of Unity".

Budiman menyampaiakan, dari hasil survei Litbang Kompas, setiap pelari dalam event Borobudur Marathon menghabiskan sekitar Rp 4,5 juta. Sedangkan jumlah peserta mencapai 10.456 orang.

Diperkirakan Rp 4,7 miliar uang yang berputar dalam gelaran event tahunan ini. Uang sebanyak itu digunakan untuk keperluan mengikuti Borobudur Marathon serta wisata di sekitar lokasi lari.

"Rata-rata pengeluaran seorang pelari sekutar 4,5 juta, ini berdasarkan ,survei dari lintang kompas, jadi bisa dihitung sendiri, berapa uang yang berputar dalam satu event ini saja," kata Budiman.


Diketahui, Borobudur Marathon 2023 digelar dalam tiga kategori yakni 10K, half marathon, dan marathon.

Sementara itu, Plt Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro mengatakan, penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 yang diikuti oleh 10.000 lebih pelari pastinya membawa dampak ekonomi yang lebih besar.

Program Bank Jateng Pawone juga kembali hadir untuk mengembangkan dan mengoptimalisasikan UMKM Magelang.

“Bank Jateng Pawone telah mengunjungi 10 kota tempat terlaksananya Bank Jateng Friendship Run dengan membawa kuliner khas Magelang kepada para pelari. Selain itu, kehadiran pelari juga menghidupkan perekonomian masyarakat Kota Magelang melalui homestay, hotel, dan banyak usaha lainnya,” ujar Irianto.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/19/074603078/ekonomi-magelang-bergeliat-berkat-borobudur-marathon-hotel-dan-penginapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke