Salin Artikel

Tekan Harga Beras, Pemkab Tangerang Gelar Operasi Pasar Beras Murah

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar operasi pasar beras mudah di Pasar Gudang Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Kamis (16/11/2023).

Operasi pasar beras ini diselenggarakan Pemkab Tangerang bekerja sama dengan Bulog, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR), dan Dinas Perindustrian Perdagangan Kabupaten Tangerang, 

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony mengatakan, operasi pasar ini menyediakan 3,5 ton beras dengan harga yang terjangkau, yakni Rp 9.950 per kilogram (kg).

"Kami sediakan sebanyak 3,5 ton beras untuk masyarakat di sekitar Pasar Tigaraksa," kata Andi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (17/11/2023).

Sebelumnya, Andi mengatakan, Pemkab Tangerang juga telah menyelenggarakan operasi pasar murah di 29 kecamatan dan pasar-pasar di Kabupaten Tangerang. 

"Kami terus melakukan monitoring terhadap harga beras dan komoditi lainnya. Apabila terjadi kenaikan harga, maka kami akan segera menggelar operasi pasar serupa untuk menekan harga yang ada di pasaran," jelas Andi.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR) Kabupaten Tangerang Finny Widiyanti mengatakan, pelaksanaan operasi pasar murah di kecamatan dan pasar memerlukan kolaborasi dan sinergitas dari para pihak yang terlibat.

Menurutnya, antusiasme masyarakat yang tinggi menunjukkan bahwa masyarakat sangat membutuhkan kebutuhan pangan yang murah, khususnya beras.

"Semoga kedepannya, operasi pasar imi dapat terus dilakukan, baik di 29 kecamatan maupun di pasar lainnya," tutur Finny.

Lebih lanjut, Finnya berharap agar operasi pasar tidak hanya digelar untuk menyediakan kebutuhan beras, melainkan komoditi lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya menjelang Natal dan tahun baru.

"Terima kasih kepada Pj Bupati Tangerang yang telah mendukung setiap langkah dan kegiatan Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja. Ini merupakan bekal bagi kami untuk terus meningkatkan pengelolaan pasar di Kabupaten Tangerang," tandas Finny.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/17/112315178/tekan-harga-beras-pemkab-tangerang-gelar-operasi-pasar-beras-murah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke