Salin Artikel

KPK: OTT Pj Bupati Sorong Terkait Suap Pengondisian Laporan Keuangan

Total ada lima orang yang ditangkap KPK yang di antaranya adalah Penjabat (PJ) Bupati Sorong Yan Piet Mosso.

"KPK melakukan penangkapan terhadap penyelenggara negara yang diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi, penjabat Bupati Sorong, kepala dinas, dua orang BPK dan pejabat lainnya," ujar Ali di Jayapura, Senin (13/11/2023).

Dijelaskannya, yang menjadi modus dari korupsi ini diduga terkait dengan pengondisian hasil temuan pemeriksaan hasil audit oleh BPK di Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya tahun 2023, satu di antaranya menyasar satu kabupaten di Sorong. 

Menurut Ali Fikri, KPK sudah mendalami kasus tersebut selama beberapa bulan terakhir hingga akhirnya dilakukan OTT.

"Yang pasti lebih dari dua bulan atau bahkan tiga bulan sebagai tindak lanjut laporan masyarakat yang masuk ke KPK dan kemudian diverifikasi, ditelaah dan kemudian kami bergerak ke lapangan," terangnya.

Mengenai barang bukti yang diamankan, ia menyebut ada sejumlah uang yang disita dari lima orang yang ditangkap, namun ia belum bisa menyebutkan jumlahnya.

KPK menduga uang tersebut merupakan bagian dari suap yang diberikan pejabat pemerintah daerah kepada pegawai BPK untuk mengkondisikan laporan hasil pemeriksaan keuangan di daerah setempat.

"Jadi kita tidak berbicara tentang kerugian negara karena ini pasalnya adalah siap menyuap," kata Ali Fikri.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/13/180845678/kpk-ott-pj-bupati-sorong-terkait-suap-pengondisian-laporan-keuangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke