Salin Artikel

Lahan Seluas 2,6 Hektar di Perumahan Cilacap Terbakar, Sumber Api Diduga dari Puntung Rokok

Kebakaran yang diduga dipicu dari puntung rokok ini menghanguskan lahan kosong seluas kurang lebih 2,6 hektar.

Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cilacap Supriyadi mengatakan, api kali pertama diketahui petugas keamanan perumahan sekitar pukul 14.20 WIB.

"Api melalap lahan rumput ilalang dari sisi timur. Namun karena angin bertiup kencang, api merambat cukup cepat ke arah barat dan selatan," kata Supriyadi dalam laporannya, Rabu petang.

Peristiwa itu kemudian dilaporkan kepada pihak developer dan diteruskan ke Pos Damkar.

Tak lama berselang, empat unit mobil damkar dari pemkab dan milik sejumlah perusahaan swasta didatangkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Pemadaman juga dibantu warga setempat dengan menggunakan peralatan seadanya. Api akhirnya dapat dikendalikan hampir 1,5 jam kemudian.

"Kebakaran lahan ini diindikasikan ada unsur kesengajaan dari puntung rokok," ujar Supriyadi.

Untuk menghindari kejadian serupa, Supriyadi mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok di lahan yang kering.

"Kami mengimbau agar tidak membakar sampah di area potensi kebakaran dan tidak membuang puntung rokok sembarangan di lahan rumput ilalang karena dapat memicu kebakaran," kata Supriyadi.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/18/193517978/lahan-seluas-26-hektar-di-perumahan-cilacap-terbakar-sumber-api-diduga-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke