Salin Artikel

Kebakaran Hutan Lindung Egon Ilinmedo Sikka Meluas, Merembet ke Jalan Utama

SIKKA, KOMPAS.com - Kebakaran hutan lindung Egon Ilinmedo di Desa Egon Buluk, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), terus meluas.

Hingga Senin (16/10/2023) sore, api terpantau merambat ke jalan utama Waigete Galit.

Sejumlah petugas gabungan terus berjibaku memadamkan api dengan peralatan seadanya. Mereka juga membuat sekat api di beberapa titik.

Sementara itu, mobil pemadam terus melakukan pengisian air lantaran pasokan air di dalam tangki sudah kosong.

"Sampai saat ini api belum bisa dipadamkan," ujar Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Waigete, Iptu I Wayan Artawan saat dihubungi, Senin.

Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) wilayah Kabupaten Sikka, Heri Siswandi mengatakan, petugas sedang berada di lokasi kejadian untuk memadamkan api.

"Saya sekarang di luar kota. Berdasarkan informasi api masih menyala, sedang dilakukan pemadaman. Nanti perkembangannya petugas lapangan akan sampaikan," ujarnya.

Kebakaran hutan lindung Egon Ilinmedo KPH Sikka terjadi sejak Minggu (15/10/2023) malam.

"Kebakaran itu kemungkinan terjadi dari tadi malam, sekitar pukul 06.00 Wita tadi kami terima informasi dari warga," ujar Heri.

Heri belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut. Sebab sampai saat ini, api masih menyala dan dikawatirkan akan terus meluas.

Heri menambahkan, kebakaran kawasan hutan lindung Egon Ilinmedo sudah sering terjadi. Namun di titik yang saat ini sedang terbakar, baru terjadi lagi setelah tiga tahun lalu.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/16/153344878/kebakaran-hutan-lindung-egon-ilinmedo-sikka-meluas-merembet-ke-jalan-utama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke