Salin Artikel

Mengenang Masa Kejayaan Kesultanan Banten lewat Festival Budaya Surosowan

Aktivitas perdagangan seperti rempah, kayu, kain, keramik, dan blacu menjadi komoditas yang dijual-belikan saat itu.

Untuk mengenang masa kejayaan masa Kesultanan Banten, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia menggelar Festival Budaya Surosowan 2023.

Festival bertajuk 'Hajatan Ageng Surosowan' itu digelar pada 12-15 Oktober 2023 di Taman Kesultanan Banten, Kasemen, Kota Serang.

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VIII, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Lita Rahmiati mengatakan, Festival Budaya Surosowan digelar untuk merekonstruksi dan menceritakan masa lalu yang berkorelasi dengan masa kini.

“Cerita sejarah kejayaan Kesultanan Banten tidak bisa lepas dari sebuah keraton sebagai tempat tinggal sultan sekaligus pusat kegiatan politik, ekonomi, sosial serta budaya, Keraton Surosowan namanya," kata Lita melalui keterangan tertulis. Kamis (12/10/2023).

Dijelaskan Lita, keraton yang juga dikenal dengan nama Fort Diamond ini menjadi saksi keseharian sultan, keluarga, dan para petinggi kesultanan.

Tidak hanya merekam kejadian heroistik, kata Lita, Keraton Surosowan juga telah menjadi saksi adegan keseharian.

"Saat sultan menikmati ketan bintul, saat koki keraton meramu bandeng berduri menjadi sate bandeng favorit sultan, saat para prajurit berlatih serta bermain debus, dan masih banyak cerita lainnya," ujar dia.

Pada Festival Budaya Surosowan, berbagai kegiatan dilaksanakan seperti pameran warisan budaya, pasar kuliner tradisional, pameran, pasar seni dan UMKM, pawai budaya.

Kemudian ada kompetisi budaya, seperti lomba kreativitas musik tradisional, lomba masak angeun lada dan lomba permainan tradisional.

“Kesultanan Banten pernah berjaya di masa lalu dengan segala cerita kecil yang berada di dalamnya. Bukan tidak mungkin kejayaan itu bisa terulang dan cerita tentang kejayaan ini harus disebarkan dengan cara yang menyenangkan,” tandas Lita.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/12/152128078/mengenang-masa-kejayaan-kesultanan-banten-lewat-festival-budaya-surosowan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke