Salin Artikel

Alami Kekeringan, Bukit Lanap di Lahat Sumsel Terbakar

Kebakaran Bukit Lanap pun beredar di media sosial (Medsos) Instagram setelah diupload oleh akun @palembangterkini.official.

Dalam video itu, terlihat api menjalar dari kawasan tengah bukit sampai ke puncak hingga menyebabkan asap kebakaran membumbung tinggi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan M Iqbal Ali Syahbana mengatakan, kebakaran tersebut terjadi pada Jumat (29/9/2023) sore. Saat ini, kondisi api yang terbakar di atas puncak Bukit Lanap menurutnya telah padam.

Hanya saja, asap akibat kebakaran lahan itu masih terlihat di atas bukit.

“Penyebab kebakarannya masih didalami. Namun, dugaannya karena kondisi sekarang kemarau dan beberapa wilayah sudah mengalami kekeringan. Sehingga gesekan kecil saja dapat menimbulkan api,” kata Iqbal saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (30/9/2023).

Iqbal menerangkan, api kebakaran di Bukit Lanap telah dipadamkan oleh BPBD daerah setempat. Saat ini, tim masih terus memantau lokasi terbut agar api tidak lagi muncul dan membakar kawasan yang mengalami kekeringan.

“Dari laporan sementara, luasan kawasan bukit Lanap yang terbakar mencapai sekitar 2 sampai 3 hektare. Kondisinya sudah padam, tinggal asap,” ujarnya.

Selain itu, Iqbal mengimbau kepada masyarakat di sekitar kawasan bukit agar tidak membuang puntung rokok ataupun membakar lahan. Sebab, saat ini kondisi kemarau masih berlangsung sehingga dapat menyebabkan kebakaran.

“Pendekatan secara persuasif ke masyarakat juga kami lakukan agar tidak membakar lahan atau hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran,” jelas Iqbal.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/30/135234578/alami-kekeringan-bukit-lanap-di-lahat-sumsel-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke