Salin Artikel

Dilanda Kekeringan, 2 Hektar Persawahan Lembor Manggarai Barat Terbakar

LABUAN BAJO KOMPAS.com - Kebakaran melanda area persawahan Lembor Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Rabu (27/09/2023) siang.

Areal persawahan tersebut tidak ditanami padi karena masih terdampak kekeringan akibat perbaikan saluran irigasi.

"Luas lahan yang terbakar itu dua hektar," ujar Kapolsek Lembor, IPDA Yostan Alexanderia Lobang saat dihubungi, Kamis (28/9/2023).

Dalam kejadian itu, api membakar berbagai jenis tumbuhan, seperti ilalang maupun semak-semak yang sudah mengering.

Saat terjadinya kebakaran, pihaknya langsung mendatangi lokasi kejadian, sekira pukul 14.00 Wita. Di lokasi terlihat kobaran api yang mulai membesar dan meluas.

Kebakaran lahan itu baru pertama kali terjadi di kawasan persawahan Lembor.

"Memang kami terkendala dengan ketersediaan sumber air, sarana dan prasarana, tetapi berupaya semaksimal bisa memadamkan api," katanya.

Pihaknya bersama TNI dan masyarakat langsung melakukan pemadaman api. Beruntung api bisa cepat ditangani sebelum semakin meluas.

"Api berhasil dipadamkan sekira pukul 16.00 Wita," ungkap dia.

Ia menyebut, tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut, akan tetapi dua unit pondok milik warga yang berada di tengah persawahan tersebut hangus terbakar. Penyebab kebakaran belum diketahui pasti.

Pihaknya mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan kebakaran. Seperti membuang puntung rokok dan membakar sampah sembarangan.

Selain di kawasan persawahan, masyarakat diminta untuk tidak membakar rumput kering di area perkebunan maupun hutan.

"Kami juga menegaskan pentingnya kerja sama antara pihak kepolisian bersama TNI dan masyarakat dalam menjaga keamanan serta mencegah bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla)," imbuh dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/28/081237078/dilanda-kekeringan-2-hektar-persawahan-lembor-manggarai-barat-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke