Salin Artikel

Polisi Ungkap Kasus 11 Kg Narkoba di Jawa Tengah, Diduga Jaringan Ferdy Pratama

Fredy diketahui sampai saat ini masih menjadi buron interpol.

Direktur Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah (Jateng), Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir mengatakan, untuk kasus dengan barang bukti sabu ada 2 laporan polisi.

Kasus yang pertama seberat 1.012,2 gram diungkap pada 27 Juli 2023 di Kabupaten Demak. 

Kedua, seberat 3.988,3 gram diungkap di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada 31 Juli 2023.

Untuk kasus ganja, barang bukti seberat 7 kg diungkap di wilayah Sukoharjo pada 14 Agustus 2023. 

"Ada kemiripan dengan jaringan Fredy Pratama," kata Anwar, di halaman Kantor Ditresnarkoba Polda Jateng, Kamis (21/9/2023).

Soal kemiripan tersebut, Polda Jateng sudah berkoordinasi dengan Bareskrim Polri dan Labfor Polda Jateng untuk melakukan proses pendalaman. 

"Tentunya kami akan masih dalami lagi," ujar dia. 

Sebelum dimusnahkan, barang bukti tersebut dilakukan uji sampel oleh Labfor Polda Jateng untuk memastikan bahwa barang bukti yang akan dimusnahkan benar dan sama dengan hasil ungkap kasus.


"Setelah dilakukan pengujian hasilnya positif memiliki kandungan zat berbahaya narkotika," papar dia. 

Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat Bidang Humas (Kasubbid Penmas Bidhumas) Polda Jateng Kompol Eko Kurniawan menambahkan, kegiatan pemusnahan barang bukti hasil ungkap kasus penyalahgunaan narkoba ini merupakan wujud jajaran Polda Jateng serius dalam perang melawan narkoba. 

“Polda Jateng dalam hal ini khususnya Ditresnarkoba Jateng beserta jajaran bersungguh-sungguh dalam melakukan pemberantasan narkotika demi menyelamatkan bangsa," imbuh Eko. 

Namun, kata dia, perlu adanya kerja sama dengan masyarakat untuk ikut berpartisipasi di dalam memberantas peredaran narkoba karena sasaran dari peredaran barang haram tersebut tidak pandang bulu dan menjangkau berbagai kalangan. 

"Oleh karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama sama berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan narkoba” terang dia. 

https://regional.kompas.com/read/2023/09/21/174306378/polisi-ungkap-kasus-11-kg-narkoba-di-jawa-tengah-diduga-jaringan-ferdy

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke