Salin Artikel

Cerita Nelayan dari Jakarta Hanyut 4 Hari di Laut dan Ditemukan Selamat di Bangka

KOMPAS.com - Rusmanto (45), nelayan dari Jakarta, hanyut di laut selama empat hari dan akhirnya ditemukan selamat di perairan Erlin, Bangka, Kepuluan Bangka Belitung, Minggu (10/9/2023).

Peristiwa itu berawal saat Rusmanto memperbaiki kapal compreng yang berlubang di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (7/9/2023).

Tanpa sepengtahuan rekan-rekannya, Rusmanto langsung terjun ke laut dan mencoba menambalnya.

Tak disangka kapal tiba-tiba angkat jangkar dan pergi untuk mencari ikan di perairan Karimata.

"Saat sedang perbaikan tiba-tiba bel kapal berbunyi dan bersamaan jangkar naik dan langsung pergi meninggalkan korban," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka, Ridwan, Minggu, berdasar pengakuan korban. 

"Kapal compreng tersebut berjumlah 12 orang ABK dengan tekong kapal atas nama Didi dan juru masak atas nama Junaidi," tambahnya. 

Diselamatkan nelayan

Selama empat hari Rusmanto terapung-apung di tengah laut. Lalu keberadaan Rusmanto diketahui seorang nelayan dan akhirnya diselamatkan nelayan.

Ridwan mengatakan, Tim URC BPBD Bangka awalnya mendapatkan laporan via whatsapp bahwa ada korban hanyut di laut yang diselamatkan nelayan lain.

"Korban hanyut kurang lebih selama empat hari dan pukul 16.05 WIB ditemukan oleh nelayan Rebo atas nama Herman di sekitaran Karang Erlin (bagan)," beber Ridwan.

Petugas pun segera meluncur ke titik lokasi dan mengevakuasi korban. Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini Rusmanto kondisinya selamat.

Dinas Sosial Bangka dan pemilik kapal akan segera memulangkan Rusmanto ke keluarganya di Kelurahan Surajaya, Pemalang.

"Menurut informasi korban, istrinya Jasria di Pemalang, memiliki 3 orang anak Tri, Arka, dan Arya," katanya.

(Penulis : Heru Dahnur | Editor : Reni Susanti)

https://regional.kompas.com/read/2023/09/11/072714978/cerita-nelayan-dari-jakarta-hanyut-4-hari-di-laut-dan-ditemukan-selamat-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke