Salin Artikel

Data Gempa Keliru, Warga Tanah Bumbu Kalsel Tak Merasakan Getaran Apa Pun

BATULICIN, KOMPAS.com - Warga Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel), tak merasakan getaran apa pun saat gempa terjadi.

Peringatan adanya gempa bumi dengan magnitudo 7,4 mengguncang Tanah Bumbu sebelumnya dikeluarkan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Mendapatkan info tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu langsung melakukan monitoring ke seluruh kecamatan.

"BPBD sudah melakukan monitoring dan berkoordinasi ke tiap-tiap kecamatan maupun desa terkait dampak yang ditimbulkan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu Sulhadi dalam keterangannya yang diterima, Selasa (29/8/2023).

Dari hasil monitoring tersebut, BPBD Tanah Bumbu memastikan jika tak ada kerusakan apa pun yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

Bahkan, warga, kata Sulhadi tidak merasakan getaran apa pun karena memang titik gempa bukan di bagian tenggara Tanah Bumbu, melainkan di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

"Tanah Bumbu aman dan tidak terkonfirmasi ada getaran, mungkin hanya sekian detik dan tidak terasa,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, BMKG mengeluarkan peringatan adanya gempa bumi magnitudo 7,4 yang berpusat di bagian tenggara Tanah Bumbu.

Peringatan tersebut kemudian berubah dan dipastikan pusat gempa berada Lombok bagian utara, dengan kekuatan 7,1 magnitudo dan tidak berpotensi tsunami.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/29/125750678/data-gempa-keliru-warga-tanah-bumbu-kalsel-tak-merasakan-getaran-apa-pun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke