Salin Artikel

Buntut Kebakaran Lahan di Flores Timur, Seorang Warga Diamankan Polisi

FLORES TIMUR, KOMPAS.com - Polisi mengamankan seorang pemilik lahan buntut kebakaran lahan di Desa Nobo, Kecamatan Ile Bura, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (25/8/2023).

Adapun pemilik lahan yang diamankan yakni INS (60), warga Desa Nurabelen, Kecamatan Ile Bura. Diduga, INS membersihkan lahannya dengan cara membakar. Hal ini yang diduga menjadi pemicu kebakaran lahan di Desa Nobo.

"Sudah diamankan tadi di Polsek Wulanggitang untuk diminta keterangannya," ujar Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Wulanggitang Iptu I Nyoman Karwadi saat dihubungi, Jumat malam.

Karwadi menuturkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, awalnya INS membersihkan lahan miliknya yang berlokasi di Tua Bura, Dusun Waiula, Desa Nurabelen, pada Kamis (24/8/2023) dengan cara membakar.

Pembersihaan lahan dilakukan hingga sore hari. Sebelum meninggalkan lokasi, INS mengaku telah memastikan api sudah padam.

Pada Jumat (25/8/2023) sekitar pukul 10.00 Wita, INS kembali ke lahannya. Setibanya di lokasi ia melihat semak belukar di sekitar lahan miliknya terbakar.

INS berusaha memadamkan api menggunakan pasir. Setelah padam, ia menuju pondoknya untuk memasak nasi.

"Sekitar pukul 11.00 Wita, INS kembali ke lokasi lahan, dan melihat api sudah menyala kembali. Karena kondisi angin kencang api dengan cepat membakar semak belukar," ujar Karwadi.

Lantaran sulit memadamkan api seorang diri, INS memanggil warga sekitar untuk membantu memadamkan api. Namun, karena angin kencang dan tidak ada sumber air, api tidak berhasil dipadamkan.

Hingga saat ini, api sudah merambat membakar pohon yang ada di kawasan hutan Waikula, dan beberapa titik di Desa Nobo.

"Kebakaran ini disebabkan oleh kelalaian dari INS yang membersihkan lahan dengan cara membakar tanpa memperhatikan kondisi cuaca yang sementara angin kencang. Sehingga INS diamankan untuk sementara," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/25/212219478/buntut-kebakaran-lahan-di-flores-timur-seorang-warga-diamankan-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke