Salin Artikel

Pimpin Upacara HUT Ke-78 RI, Gubernur Kaltara Kenakan Pakaian Adat Dayak Lundayeh Bakad Talun

NUNUKAN, KOMPAS.com - Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang memimpin HUT ke-78 Republik Indonesia di Lapangan Yuvai Semaring, dataran tinggi Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (17/8/2023).

Dalam peringatan kemerdekaan tersebut, Zainal mengenakan baju khas Dayak Lundayeh Bakad Talun, dan senjata khas Lundayeh bernama pelepet (parang panjang).

Salah satu tokoh masyarakat Krayan Induk, Yonatan menuturkan, kayu talun yang menjadi bahan baku pakaian adat Lundayeh, memiliki ciri khas layaknya pohon karet.

"Butuh waktu dua minggu untuk proses dijadikan baju,"ujarnya.

Untuk proses pembuatan baju, dibutuhkan kulit kayu talun dengan usia dan ukuran tertentu.

Setelah kulit kayu talun dikupas, kulit pohon dipukuli dengan palu kayu secara merata sampai serat-serat benang terlihat.

Selanjutnya, dijemur dan bahan tersebut akan diproduksi menjadi baju adat.

"Produksinya masih intens. Kalau di Krayan Induk, di Long Api. Tapi lebih banyak produksinya di Krayan Selatan,"jelasnya.

Sementara terkait senjata khas Lundayeh, yang disebut pelepet memiliki keunikan dibanding senjata adat lain.

Bagian tajam pelepet ada di bagian atas, di mana umumnya sebuah parang bagian tajamnya adalah di bawah.

"Kembali ke masa dulu saat peperangan suku, jadi kenapa yang tajam di bagian atas itu, agar saat dicabut bisa langsung mengayun ke bagian vital musuh. Karena pemakaian Pelepet mengandalkan kecepatan mencabut dari sarungnya,"tambahnya.

Tim Kompas.com dibekali apparel dari Eiger. Simak terus hasil liputan perjalanan Kompas bersama Robertus Belarminus, Gitano Prayogo, Nissi Elizabeth, Fikri Hidayat, Lina Sujud, Yulveni Setiadi, dan Ahmad Dzulviqor.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/17/112559678/pimpin-upacara-hut-ke-78-ri-gubernur-kaltara-kenakan-pakaian-adat-dayak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke