Salin Artikel

Hampir 1.000 Hektar Lahan Terbakar, Penanganan Karhutla di Kalsel Disebut Bisa Diatasi

Sejauh ini, berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) Karhutla Kalsel hingga 1 Agustus 2023, sudah 988,341 hektar lahan yang terbakar dengan wilayah terparah adalah Banjarbaru.

Untuk mengantisipasi terus meluasnya Karhutla, upaya pemadaman masih dilakukan, termasuk mengerjakan heli water bombing untuk memadamkan api yang sulit dijangkau melalui jalur darat.

Kapolda Kalsel, Irjen Andi Rian R Djajadi mengatakan, pihaknya bersama Danrem 101 Antasari terus melakukan pemantauan Karhutla melalui udara.

"Dari pemantauan tersebut, terlihat adanya sejumlah titik api bahkan titik air juga sudah mulai menyusut," ujar Andi Rian dalam keterangannya yang diterima, Kamis (3/8/2023).

Dari pantauan melalui udara itu, selain melihat titik api, Andi Rian juga memantau kantong-kantong air yang digunakan untuk memadamkan Karhutla.

Andi Rian mengakui jika terjadi penyusutan kantong-kantong air akibat kemarau dan kekeringan.

"Tim gabungan ini aktif melakukan koordinasi dan langkah-langkah strategis untuk mengatasi potensi kebakaran hutan dan lahan akibat kondisi cuaca kering dan faktor lain yang dapat memicu terjadinya Karhutla," jelasnya.

Dalam waktu dekat, kata Andi Rian, pihaknya bersama seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) akan melakukan pertemuan untuk mengetahui siapa saja pemilik lahan yang terbakar.

"Ke depannya akan diadakan rapat dengan melibatkan Badan Wilayah Sungai (BWS), Dinas PUPR, dan Kanwil BPN untuk mengetahui siapa pemilik lahan-lahan yang terbakar tersebut," tegasnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kalsel Nurul Fajar Desira menambahkan, sejauh ini, walaupun lahan yang terbakar cukup luas, namun masih diatasi.

"Memang karhutla terjadi, namun masih bisa dikendalikan,” ujarnya.

Kalsel masuk dalam 6 provinsi prioritas mitigasi penanganan nasional karhutla Dia berharap, kondisi karhutla di Kalsel bisa terus dikendalikan dengan upaya sinergitas yang kuat dari Forkopimda Kalsel.

“Memang karhutla terjadi, namun masih bisa dikendalikan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Provinsi Kalsel masuk dalam salah satu wilayah yang menjadi atensi dan perhatian Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penanganan Karhutla.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/03/181703178/hampir-1000-hektar-lahan-terbakar-penanganan-karhutla-di-kalsel-disebut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke