Salin Artikel

Ganjar Sebut Koperasi yang Anggotanya Sedikit Pasti Hanya Mengandalkan Proposal

"Jadi, kalau ada orang mau mendirikan koperasi ketemu saya, dan bilang anggotanya hanya 25 orang, sudah bisa dipastikan itu adalah koperasi proposal. Koperasi yang hidup dari proposal," kata Ganjar di Central Java Coops Fest 2023 di Gedung Serbaguna Alun-alun Bung Karno Ungaran Kabupaten Semarang, Jumat (21/7/2023).

Ganjar mencontohkan Kabupaten Boyolali sebagai daerah penghasil susu dan daging sapi. Sehingga koperasi yang fokus pada pakan ternak bisa menjadi solusi persoalan di wilayah tersebut. 

"Masalah utamanya pasti dalam penyediaan pakan. Saya berpikir ada pengolahan mini pakan ternak, yang dikelola koperasi, ada koperasi pakan, maka permasalahan itu bisa diatasi," jelasnya.

"Jadi di Boyolali hanya ada satu koperasi, itu mewadahi semua peternak, di Jawa Tengah. Hanya satu koperasi dan terus naik secara nasional, maka pengawasan dan pembinaan akan semakin baik," kata Ganjar.

"Naiknya kedelai ini karena suplai yang kurang, harga meningkat maka produksinya kurang," terangnya.

"Kita telah seringkali melakukan operasi Pajale atau padi, jagung, dan kedelai. Kalau padi masih bisa aman. Untuk jagung masih bisa kejar meski sukanya piknik karena prinsip penawaran dan permintaan. Maka untuk kedelai ini perlu perhatian khusus, karena bilangnya daerah subtropis, sehingga perlu rekayasa khusus," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/21/153445678/ganjar-sebut-koperasi-yang-anggotanya-sedikit-pasti-hanya-mengandalkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke