Salin Artikel

Geopark Bayah Dome di Banten Diusulkan Menjadi Geopark Nasional

SERANG, KOMPAS.com - Geopark Bayah Dome akan diusulkan Pemerintah Provinsi Banten menjadi Geopark Nasional kepada Pemerintah Pusat melalui Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI).

"Geopark Bayah Dome secara bersama-sama akan kita usahakan menjadi Geopark Nasional," ujar Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar melalui keterangan tertulis, Rabu (12/7/2023).

Dikatakan Al Muktabar, dalam Keputusan Bupati Lebak Nomor: 050/Kep.114-BAPELTIBANGDA/2023 Geopark Bayah Dome mencakup 15 Kecamatan, 179 Desa, dan 5 Kelurahan dengan luas 201.537 hektar.

Al Muktabar mengusulkan Geopark Bayah Dome menjadi geopark nasional setelah mempertimbangkan aksesibilitas dan visibilitas serta keberadaan potensi Warisan Geologi, Keragaman Geologi, Keanekaragaman Hayati, dan Keragaman Budaya.

“Geopark ini pada dasarnya merupakan model baru dari pembangunan berkelanjutan. Dan kita sebagai perwakilan Pemerintah Pusat yang ada di daerah mendukung akan hal itu sehingga pembangunan di segala aspek terutama ekonomi mampu kita tingkatkan,” kata dia.

Al Muktabar berharap, setelah pemerintah menetaokan Geopark Bayah Dome menjadi Geopark Nasional mampu menciptakan destinasi wisata yang melibatkan masyarakat.

“Sesuai dengan visi misi Geopark Bayah Dome menciptakan destinasi wisata yang inklusif dan mendunia, kita terus berusaha mensejahterakan masyarakat Indonesia karena jika Lebak maju, Banten maju, Indonesia maju,” tandasnya.

Dikaji lama

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, kajian pengembangan Geopark Bayah Dome menjadi Geopark Nasional sudah sangat lama.

Menurut Iti, pengembangan Geopark ini merupakan perubahan dari ekstraksi ke konservasi yang menerapkan filosofi Geopark dengan memuliakan warisan bumi dan menyejahterakan masyarakat.

“Dalam hal tersebut, konservasi menjadi penting untuk dikolaborasikan dengan kegiatan pembangunan melalui pariwisata yang berkelanjutan salah satunya melalui Geopark ini,” kata Iti.

Dengan diajukan sebagai Geopark Nasional, diharapkan mampu meningkatkan berbagai potensi lokal yang dapat dikembangkan.

Salah satunya melalui sektor pariwisata yang mampu mengakselerasi pembangunan ekonomi di daerah yang mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan diberikannya amanat menuju Geopark Nasional, tentunya kita harus mengedepankan kesejahteraan masyarakat yang tertuang dalam pembangunan berkelanjutan dengan mengoptimalkan pemulihan ekonomi daerah yang tentunya mengedepankan potensi lokal,” ujar Iti.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/12/121645478/geopark-bayah-dome-di-banten-diusulkan-menjadi-geopark-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke