Salin Artikel

Menikmati Kopi Racikan Barista Tuna Rungu Wicara di Cafe Hening Salatiga

Salah satu yang unik adalah Cafe Hening yang berada di komplek kantor Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Salatiga, Jawa Tengah, yang berada di Jalan Adi Sucipto Nomor 7.

Dari segi bangunan, kafe yang menggunakan kontainer sebagai bangunan utama ini tak ada yang berbeda.

Namun, saat pengunjung akan menikmati kopi dan memesan, tak seperti di tempat lain. Pengunjung harus menggunakan bahasa isyarat karena pegawai Cafe Hening adalah penyandang disabilitas tuna rungu wicara.

Meski penyandang disabilitas, namun kopi racikan mereka tak kalah nikmat. Penyajian pun sangat cekatan dan cepat, kisaran satu menit untuk menu standar semacam es teh dan es kopi, dan butuh waktu tujuh menit untuk membuat kopi ala Vietnam Drip.

Penanggung jawab Cafe Hening, Aji Prasetyo Putranto mengatakan berdirinya kafe tersebut berawal dari pelatihan kepada penyandang disabilitas.

"Karena empat orang ini rajin dan tekun sehingga setiap ada expo dan pameran kita ikutkan. Ternyata penjualannya sangat laris, dan masyarakat juga antusias, akhirnya mereka kita bikinkan kafe di sini," jelasnya, Selasa (4/7/2023).

Aji mengakui saat awal-awal butuh kerja keras dan kesabaran untuk mengajari meracik kopi. "Karena kan butuh pendampingan untuk bahasa isyarat, namun seiring waktu mereka semakin terlatih," paparnya.

Menurut Aji, untuk mempermudah pembeli memesan, di kafe disediakan tutorial untuk berkomunikasi. "Misalnya memesan kopi dan mengucapkan terima kasih, jadi pengunjung juga bisa sekaligus belajar bahasa isyarat," paparnya.

Dalam sehari, lanjutnya, setidaknya penjualan di Cafe Hening mencapai 40 gelas. "Pengelolaan semua diserahkan ke teman-teman ini, pemasukan dan pengeluaran termasuk manajemen mereka yang mengatur," kata Aji.

Seorang pembeli, Jatmiko mengatakan tak mengalami kesulitan saat memesan kopi di Cafe Hening karena ada tutorialnya. "Penasaran juga, karena itu mencoba kopi buatan Cafe Hening, rasanya enak dan pas buat nongkrong. Harganya juga tidak mahal," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/04/195644478/menikmati-kopi-racikan-barista-tuna-rungu-wicara-di-cafe-hening-salatiga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke