Salin Artikel

Kisah Wakiman Lindungi Istri yang Sakit Stroke Saat Gempa Bantul Hancurkan Tembok Rumah

Warga Padukuhan Kuwon, Kalurahan Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta, itu mengaku tak kuat menggendong istrinya untuk keluar rumah.

Dirinya lebih memilih untuk melindungi sang istri yang terserang stroke dua bulan lalu. Lalu saat gempa terjadi, keduanya sedang beristirahat di kamar. 

"Waktu gempa kemarin (Jumat) itu saya merangkul istri saya, karena tidak kuat mengangkat tubuhnya. Biar kalau mati bersama," kata Wakiman ditemui di depan rumahnya Kamis.

Di tengah kepanikan, Wakiman terus berusaha teriak minta tolong kepada tetangga. Teriakan itu akhirnya terdengar dan beberapa tetangga langsung datang menolong. 

Wakiman mengaku gempa pada hari Jumat itu membuat trauma tragedi gempa 2006 terulang. 

"Gak tau mau balik ke rumah kapan, wong masih trauma. Dulu gempa 2006 rumah saya rusak parah, dan kandang pun sampai roboh," kata dia.

Akibat gempa 6 M itu keluarga Wakiman terpaksa memasang tenda di depan rumah. Salah seorang anak Wakiman, Marsinah (40), mengatakan, gempa telah menghancurkan kamar mandi rumah dan beberapa bagian. 

Lalu, katanya, saat ini yang paling dibutuhkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. 

"Ya bapak sampai tidak mandi, kalau saya mandi ke rumah tetangga," kata dia.

Marsinah sendiri juga mengkau masih trauma dan enggan untuk kembali ke rumah. 

"Masih trauma," kata dia.

Hal senada juga diungkapkan Mirahwati, warga Kuwon Tengah lainnya. Dirinya saat ini sementara tinggal bersama orang tuanya karena rumahnya mengalami rusak parah pada bagian temboknya.

"Sementara tinggal di rumah orang tua, karena masih takut," kata dia.

Sementara Lurah Pacarejo Suhadi mengatakan, ada tiga rumah yang alami kerusakan di Kuwon Tengah. 

Para relawan sudah bergerak mendata kerusakan dan para korban.

Semalam langsung bergerak, mulai mendata hingga mendirikan tenda. Untuk lokasi terparah di Kuwon Tengah ini, ada tiga rumah yang rusak cukup parah," kata Suhadi. 

https://regional.kompas.com/read/2023/07/02/103701278/kisah-wakiman-lindungi-istri-yang-sakit-stroke-saat-gempa-bantul-hancurkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke