Salin Artikel

Ganjar di NTB, Ajak Warga Tak Bikin Hoaks, Main Peresehan, dan Disopiri TGB

Momen tersebut terekam di sela-sela kunjungan Ganjar di Kantor DPD Partai Perindo NTB di Mataram, Minggu (18/6/2023).

"Oh ini yang dipakai pukul (peresehan) itu," Kata Ganjar sambil mencoba memukul tongkat rotan (penjalin) dan perisai, yang biasa digunakan untuk bermain peresehan Lombok.

Ganjar pun sempat bermain peresehan dengan TGB. Keduanya saling memukul perisai dan disambut riuh para kader simpatisan. 

Peresehan adalah seni tradisional suku Sasak Lombok yaitu pertarungan antara dua laki laki menggunakan tongkat rotan dan perisai. 

Dalam pidatonya, TGB mengatakan kedatangan Ganjar dengan disambut peresehan memiliki arti khusus.

"Peresehan perlambang bahwa kami di NTB masyarakat Sasak itu memiliki sifat yang disebut dengan jati. Jati itu apa adanya, jati ya begitu. Bahasanya betetu-tetuan, bener-bener. Jadi kalau hari ini di kantor PDIP, di Kantor PPP dan di Kantor Perindo, mas Ganjar mendengar ada komitmen maka komitmen itu Insya Allah akan terwujud dalam kerja-kerja politik untuk kemenangan mas Ganjar, " Kata TGB.

"Kita nawaitukan kemenangan beliau bukan sebagai tujuan utama tetapi sebagai jalan Indonesia menjadi lebih maju dan hebat di masa yang akan datang," Kata TGB.

Sementara itu, Ganjar mengatakan bahwa tujuan selanjutnya adalah PR besar untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Ganjar berpesan agar menggunakan cara-cara yang santun dalam berpolitik.

"Jangan membikin hoaks jangan membully dan jangan menyinggung perasaan individu, jangan. Agar kita punya adab yang kita angkat bahwa politik itu bisa baik," Kata Ganjar.

Usai menyambangi kantor Perindo, Ganjar melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Lombok Timur untuk ziarah ke makam Pahlawan Nasional TGKH M Zainuddin Abdul Madjid.

Dari kota Mataram menuju Lombok Timur, Ganjar disopiri langsung oleh TGB.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/18/191254878/ganjar-di-ntb-ajak-warga-tak-bikin-hoaks-main-peresehan-dan-disopiri-tgb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke