Salin Artikel

Festival Balon Udara Pertama di Purwokerto Disambut Antusias Ribuan Warga

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Festival balon udara di lapangan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (11/6/2023) pagi, disambut antusias ribuan warga.

Warga datang memadati area kampus untuk menyaksikan festival balon yang baru kali pertama digelar di Kota Mendoan ini. Bahkan, beberapa di antaranya rela datang sejak pukul 05.30 WIB.

Total, ada 22 balon udara berukuran raksasa yang diterbangkan selama kurang lebih satu jam.

Salah satu penonton, Risty mengaku sengaja datang sejak pagi untuk mengobati rasa penasaran dengan festival balon udara yang biasanya hanya bisa dilihat di Wonosobo. Risty datang bersama temannya.

"Senang banget akhirnya bisa lihat di sini, baru pertama kali lihat. Soalnya kemarin waktu di Wonosobo enggak sempat lihat, sampai sana udah bubar ternyata," kata mahasiswi UMP ini.

Hal senada disampaikan Pingky, mahasiswi Amikom Purwokerto asal Malang, Jawa Timur. Dia pun sangat antusias mengabadikan momen ini dengan berswafoto.

"Tadi berangkat pukul 05.30 WIB. Baru pertama kali lihat seperti ini. Keren banget ternyata, apalagi ini digelar di kampus," ujar Pingky.

Salah satu peserta festival asal Wonosobo, Aming mengatakan, balon udara yang diterbangkan berdiameter 6 meter dan tinggi 7 meter. Balon bisa diterbangkan antara satu sampai dua jam.

"Ketinggian antara 50 meter sampai 100 meter, tergantung kondisi angin. Untuk proses pengasapan sebelum diterbangkan memerlukan waktu sekitar 30 menit," jelas Aming.

Sementara itu, Rektor UMP Jebul Suroso mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Milad ke-58 UMP sekaligus untuk mewujudkan UMP sebagai kampus wisata.

"Jadi kampus tidak hanya sebagai tempat belajar, tapi juga wisata. Mudah-mudahan kegiatan ini juga dapat semakin menggeliatkan pariwisata di Banyumas," kata Jebul.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/11/092733578/festival-balon-udara-pertama-di-purwokerto-disambut-antusias-ribuan-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke