Salin Artikel

Baut dan Kabel di Jalur Rel KCJB Dicuri, Polisi: Akibatnya Bisa Fatal

KARAWANG, KOMPAS.com - Wakapolres Karawang Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo mengatakan, pencurian baut rel kereta cepat dan kabel tembaga pada jalur Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bisa mengakibatkan hal fatal.

"Bisa menyebabkan kecelakaan yang sangat fatal, khususnya bagi kereta api itu sendiri," kata Prasetyo di Katawang, Rabu (7/6/2023).

Untuk mengantisipasi hal serupa terjadi, pihaknya menerjunkan sebanyak 50 personel ditambah dari Satuan Brimob Polda Jabar.

Selain memperketat pengamanan, polisi juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Mulai imbauan tak memasuki jalur KCJB hingga kerawanan dan bahayanya.

Corporate Communication Manager PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) mengajak masyarakat melaporkan kepada pihak berwenang jika ada hal - hal yang mencurigakan.

"Agar bisa segera ditindaklanjuti," ujarnya.


Emir juga menegaskan, salah satu pelaku bukan karyawan PT KCIC, namun dari kontraktor.

Adapun untuk evaluasi rekrutmen petugas keamanan, pihaknya akan berkomunikasi dengan kontraktor dan kepolisian agar hal serupa tak terulang.

Seperti diketahui, KM (27) satu dari tersangka pencurian merupakan petugas sekuriti pada track 3 KCJB. Ia beraksi bersama tiga rekannya saat hari sudah petang dengan mengenakan rompi pekerja. Tujuannya untuk menyamarkan aksi mereka.

Mereka kemudian menjual hasil curian kepada dua penadah dan membaginya secara merata.

Atas perbuatannya empat tersangka yang berperan melakukan pencurian disangkakakn Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Adapun penadah terancam pasal 480 KUHP dengan hukuman empat tahun penjara.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/08/062700878/baut-dan-kabel-di-jalur-rel-kcjb-dicuri-polisi--akibatnya-bisa-fatal-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke