Salin Artikel

5 Hektare Lahan Gambut di Kawasan Ring 1 Bandara Syamsudin Noor, Kalsel, Terbakar

KOMPAS.com - Kebakaran lahan dan hutan (karhutla) terjadi di kawasan ring satu Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (3/6/2023).

Sebanyak 50 orang personel tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan dan relawan langsung terjun ke lokasi.

“Laporan kami terima masuk sekitar pukul 13.00 Wita dan tim sampai di lokasi sekitar 30 menit,” kata koordinator regu tim satgas BPBD Kalsel Baihaqi Saputra di Banjarbaru, Sabtu, dilansir dari Antara.

Baihaqi menuturkan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.40 Wita.

“Kita ada 50 personel gabungan dari BPBD Kalsel, BPBD Kabupaten Banjar beserta para relawan memadamkan api secara bergotong royong,” ucapnya.

Baihaqi menuturkan tim sedikit mengalami kendala saat di lapangan karena berada di area gambut dan rawa.

Area yang terbakar sendiri mencapai lima hektare. Lokasi tersebut masuk di wilayah Kelurahan Landasan Ulin Barat, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru.

Untuk penyebab kebakaran, menurutnya, belum dapat dipastikan. Dugaan awal adalah karena cuaca ekstrem dan warga yang sengaja membakar sampah di lokasi itu. 

“Dugaan kita ada seorang warga membakar setumpuk sampah dan diletakkan di tengah lahan yang banyak rumput,” ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/03/172013478/5-hektare-lahan-gambut-di-kawasan-ring-1-bandara-syamsudin-noor-kalsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke