Salin Artikel

Disparbud Jabar dan PHRI Lakukan Direct Promotion untuk Bangkitkan Perekonomian lewat Pariwisata

KOMPAS.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat (Jabar) terus berupaya menggenjot kunjungan wisatawan seiring membaiknya sektor pariwisata pascapandemi Covid-19.

Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Jabar Chandrawulan mengatakan, sektor pariwisata di Jabar saat ini sedang bangkit dengan pemulihan setelah dampak Covid-19.

"Seluruh stakeholder pariwisata terus bersinergi untuk saling mengisi dan mengakselerasi kunjungan wisatawan ke Jabar untuk menumbuhkan kembali perekonomian,” ujarnya.

Dia menyebutkan, kontribusi pariwisata terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) diharapkan datang melalui belanja makan/minum/restoran dan akomodasi.

Oleh karenanya, Disparbud Jabar bersama Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar melakukan direct promotion di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (25/5/2023). Tujuannya adalah untuk menggenjot kunjungan turis ke Jabar.

Chandrawulan menjelaskan, direct promotion pariwisata di Jabar adalah upaya memperkenalkan dan menjual produk atau layanannya langsung kepada buyers potensial. Strategi ini dinilai lebih efektif daripada periklanan konvensional.

Direct promotion dilakukan melalui berkomunikasi langsung kepada pelanggan, baik pelanggan baru maupun potensial, tanpa melalui perantara pihak ketiga, seperti media ataupun iklan.

"Teknik pemasaran secara langsung secara otomatis membuat para seller dapat menyampaikan pesan yang terasa lebih personal kepada buyers yang disesuaikan dengan kebutuhan dan interest mereka terhadap produk dan layanan pariwisata itu sendiri," katanya dalam siaran pers, Jumat (26/5/2023).

Ketua Bidang Restoran dan Pemasaran PHRI Jabar Derry Septiadi menambahkan, direct promotion merupakan salah satu program kerja yang dirancang PHRI Jabar.

Strategi tersebut dibuka untuk semua pelaku pariwisata, seperti hotel, restoran, dan destinasi wisata dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jabar.

Setelah melakukan direct promotion dari Jakarta, Pemprov Jabar, dan PHRI akan menyambangi lima kota lain, termasuk Kuala Lumpur dan Johor Baru pada Agustus mendatang.

“Kami harapkan acara kegiatan direct promotion ini bisa berjalan dengan lancar sesuai target dan kegiatan ini dapat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan ke Jabar, baik domestik maupun mancanegara,” harapnya.

Derry berharap, wisatawan yang datang dengan tujuan kegiatan meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) atau berwisata bisa menjadi salah satu pendorong peningkatan faktor perekonomian Jabar yang lebih baik lagi.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/26/17243151/disparbud-jabar-dan-phri-lakukan-direct-promotion-untuk-bangkitkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke