Salin Artikel

Kebun Sawit di Pesisir Selatan Sumbar Terbakar, Api Meluas dan Sulit Dipadamkan

Ada tiga titik karhutla yang terletak di lokasi Hutan Produksi Konversi (HPK) Pasir Jenjang Silaut yang berbatasan sekitar 3 kilometer dari kebun sawit PT. Sumatera Jaya Agro Lestari (SJAL) Silaut, arah ke tepi pantai.

"Benar ada karhutla di Sulaut. Awalnya kemarin satu titik, sekarang sudah meluas jadi 3 titik," kata Kabid Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Pesisir Selatan, Defri Siswardi yang dihubungi Kompas.com, Rabu (24/5/2023).

Menurut Defri, pihaknya belum bisa memperkirakan berapa luas lahan yang terbakar karena pihaknya masih bekerja memadamkan api.

Saat ini BPBD Pesisir Selatan dibantu jajaran Kepolisian Sektor Lunang, Danramil dan petugas kecamatan sedang berusaha memadamkan api, meski dengan peralatan seadanya.

Keterbatasan peralatan dan jauhnya lokasi kejadian dari pusat logistik serta ditambah buruknya jaringan komunikasi, sehingga membuat pihaknya agak kesulitan memadamkan api.

Sementara itu, Kapolsek Lunang Silaut AKP Advianus beserta anggota Polsek Lunang Silaut, Polres Pessel mengatakan, telah memeriksa titik api.

"Anggota sudah berupaya untuk menuju titik api namun tidak ada akses ke sumber api tersebut. Kita kordinasi dengan pihak BPBD Pessel dan dinas kehutanan Provinsi Sumatera Barat untuk langkah tindak lanjutnya," kata Advianus.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/25/043355778/kebun-sawit-di-pesisir-selatan-sumbar-terbakar-api-meluas-dan-sulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke