Salin Artikel

Periksa Jalan Rusak di Jambi, Jokowi Sebut Perbaikannya Diambil Alih Pusat

Namun, tidak disebutkan panjang dan jumlah ruas jalan yang diambil alih perbaikannya.

"Kita pemerintah pusat akan ambil alih, karena yang namanya jalan logistik dan produksi itu sangat penting sekali, apalagi rusak parah, harus segera dikerjakan," kata Jokowi Jokowi saat meninjau jalan rusak di Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (16/5/2023).

Jokowi menyebutkan, terdapat 1.030 kilometer jalan provinsi di Jambi, tapi 250 kilometer di antaranya dalam kondisi rusak.

Selain itu, ada 1.300 kilometer jalan nasional di Jambi, yang rusak 130 kilometer.

"Ya rusak parah, orang sudah merasakan sendiri kok, masak harus saya sampaikan," sebut Jokowi, sembari sedikit tertawa.

Dinas Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi menyatakan, dari 1.032.844 kilometer yang ada, 77,36 persen dalam kondisi mantap.

Sedangkan untuk kerusakan ringan mencapai 15,9 persen atau 164,738 kilometer dan rusak berat 6,6 persen atau 69,051 kilometer.

Staff Kehumasan Dinas PUPR Provinsi Jambi, Dheny Ivantriesyana mengatakan tahun ini ditargetkan jalan dalam kondisi mantap hingga 80 persen.

“Di antaranya ada pembangunan multiyears di ruas jalan Suak Kandis, Batang Asai dan ruas jalan di Tanjabtim (Tanjung Jabung Timur),” kata Dheny pada Senin (15/5/2023).


Selain proyek multiyears, Dinas PUPR Jambi juga sudah meningkatkan ruas jalan di dalam Kota Jambi di antaranya Jalan Siwabessy sampai ke Jalan Abdul Majid, Kabupaten Bungo dan peningkatan jalan di Kabupaten Tebo.

“Untuk kondisi jalan rusak ringan ini dominan berada di dalam Kota Jambi, rusak berat ada di Kabupaten Tanjabtim dan Sarolangun,” ujarnya.

Meski dalam kondisi rusak, tahun ini Dinas PUPR Jambi tetap melakukan perbaikan secara permanen dan fungsional.

Dheny mengakui sebagian sudah ada yang mulai dikerjakan seperti di Tanjabtim bahkan ada juga yang sudah selesai pekerjaan seperti di Kota Jambi. Namun, ada juga yang baru mulai kontrak kerja.

“Kerusakan jalan ini disebabkan karena faktor ODOL (Over Dimensi dan Over Load). Ada juga karena drainase dibahu jalan yang sudah tidak berfungsi lagi dengan baik ataupun karena faktor alam lainnya seperti longsor dan banjir,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJambi.com dengan judul Jokowi Sebut Perbaikan Jalan Rusak Provinsi dan Kabupaten di Jambi Diambilalih Pusat.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/16/145853078/periksa-jalan-rusak-di-jambi-jokowi-sebut-perbaikannya-diambil-alih-pusat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke