Salin Artikel

Paramedis Nilai Pajero Sport Jadi Ambulans Bakal Persulit Penanganan Pasien

Berdasarkan pengalamannya menggunakan mobil jenis Suzuki APV, Tri merasa kesulitan untuk penanganan awal pasien yang akan dibawa ke rumah sakit.

"Saya pernah melakukan penanganan di dalam mobil APV saja merasa sulit, gimana dengan mobil Pajero ini," kata Tri Bagus saat dihubungi, Jumat (12/5/2023).

Menurutnya, pemilihan jenis kendaraan jangan hanya dilihat dari mewah dan bagusnya saja.

Melainkan, kata Tri Bagus, jenis kendaraannya apakah memudahan tim medis didalamnya untuk penanganan awal pasien sebelum tiba dirumah sakit.

"Efisien atau tidaknya ketika ada pasien dimobil, masih mending Hiace sekalian biar lebih terlihat mewah dan efisien juga," ujar dia.

Terkait fasilitas alat kesehatan dalam mobil ambulans, pria yang bertugas di PMI Serang itu mengatakan, hal itu bisa disesuaikam dengan permintaan dan anggaran yang ada.

"Masalah isi dalam mobil ambulans mah tergantung permintaan kita. Mobil APV di kantor juga ada monitor detak jantung," kata Tri Bagus.

Warganet kritik

Sejumlah warganet mengkritisi pengadaan mobil ambulans Pajero Sport oleh Sekretaris DPRD Banten senilai Rp600-900 juta itu. Mereka menulis komentar di postingan Instagram @infoserang.

Salah satunya Alfi Syukri mengayakan bahwa kendaraan jenis tersebut tidak cocok digunakan sebagai mobil ambulans didaerah perkotaan seperti di kantor DPRD Banten, Kota Serang.


Menurutnya, kendaraan jenis Pajero Sport lebih bisa digunakan di medan jalan yang rusak dan berlumpur.

"Lebih masuk akal kayaknya kalo ambulance Pajero nya buat di daerah pedalaman atau daerah yang jalannya rusak dan berlumpur. Kalo di pake di kota ya lebih baik pake Toyota hi-ace, hyundai h1 atau pake KIA Travello / pregio. Sayang banget anggarannya dipake buat beli Pajero ambulance kalo dipakenya di kota," kata dia melalui akun @mr.47_barista.

Warganet lainnya @mang_doedoenks mengomentari dengan harga Rp 800 juta untuk membeli ambulans Pajero Sport, lebih baik membeli kendaraan yang lazim  dengan harga lebih murah tapi fungsinya sama.

"Harga pajero kurang lebih 800jutaan, untuk bawa satu pasien, harga APV kurang lebih 200jutaan,,, harusnya bisa dapat 4 unit dengan fungsi yang sama dan bisa bawa empat pasien," tulis dia.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten, Deden Apriandhi mengatakan, memilih Mitsubisi Pajero Sport untuk ambulans karena mengikuti perkembangan zaman. 

Padahal, mobil mewah itu tidak lazim digunakan di Indonesia untuk dijadikan ambulans. 

Sebagai informasi, mobil itu punya rentan harga mulai dari Rp 577 juta sampai dengan Rp 735 juta. 

"Biasalah sesuai perkembangan zaman, semuanya juga sekarang harus memungkinkan. Yang pasti dari isi regulasi (pengadaan) Insya Allah enggak ada yang dilanggar," kata Deden.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/12/182433178/paramedis-nilai-pajero-sport-jadi-ambulans-bakal-persulit-penanganan-pasien

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke