Salin Artikel

Survei Indopol Pilkada Jatim 2024, Elektabilitas Khofifah Tertinggi, Disusul Risma dan Emil Dardak

Itu berdasarkan survei yang dirilis Indopol Suvey & Consulting pada Kamis (11/5/2023).  

Hasil riset Indopol Survey & Consulting menyebutkan, nama Khofifah Indar Parawansa berada di posisi pertama dengan elektabilitas tertinggi.

Lalu, ada nama Tri Rismaharini, yang juga eks wali kota Surabaya dua periode.

Pada survei yang dilakukan pada 16-24 Maret 2023 yang menyertakan 1.040 responden sampling di 38 kabupaten dan kota di Jatim, tingkat keterpilihan Khofifah menjadi yang teratas dengan pertanyaan terbuka tentang sosok gubernur pada Pilkada 2024.

"Khofifah dipilih 28,2 persen responden, sementara Risma dipilih oleh 17,8 persen, dan di bawahnya ada nama Wagub Jatim Emil Dardak dengan elektabilitas 4,3 persen," kata Direktur Indopol Survey, Fauzin, dalam keterangan resminya Kamis (11/5/2023).

Nama Khofifah dan Risma menurut dia juga masih unggul saat responden disodori pertanyaan semi terbuka dengan lima nama calon gubernur.

Khofifah masih teratas dengan elektabilitas sebesar 30,8 persen, disusul Risma sebesar 28.8 persen, lalu Emil Dardak sebesar 7,5 persen.

Pada posisi keempat nama Machfud Arifin dipilih sebesar 5,2 persen, sementara posisi kelima Suyoto sebesar 3,5 persen. Adapun 23,3 persen responden mengaku tidak tahu dan tidak memilih.

Dalam survei Indopol, latar belakang calon Gubernur Jatim yang paling utama adalah berpengalaman sebagai kepala daerah satu kali.

"Kriteria ini dipilih 32,7 persen responden," terang Fauzin.

Kedua, Gubernur Jatim berasal dari tokoh masyarakat atau ulama, kriteria ini dipilih 10,1 persen responden.

Ketiga berlatar belakang sebagai birokrat dipilih responden sebanyak 8,4 persen. Selanjutnya latar belakang TNI 6 persen, dan kelima berlatar belakang sebagai pengusaha 5,5 persen.

Survei Indopol ini dilakukan dengan metode Multistage Random Sampling. Jumlah responden sebesar 1.040 yang tersebar di 38 Kota/kabupaten di Jawa Timur, dengan margin of error ± 3.1 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Kriteria responden yang diwawancarai tatap muka berumur 17 tahun atau sudah menikah dan memiliki Hak Pilih (berdasarkan DPT KPU RI, Tahun 2022).

Seluruh responden berhasil diwawancarai. Untuk menjaga kualitas hasil survei dilakukan quality control berlapis, di antaranya adalah monitoring, spotcheck sebesar 30 persen jumlah responden dan foto-foto yang didokumentasikan sebagai alat kontrol. 

https://regional.kompas.com/read/2023/05/11/181102778/survei-indopol-pilkada-jatim-2024-elektabilitas-khofifah-tertinggi-disusul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke