Salin Artikel

Ditanya soal Cawapres, Ganjar: Nanti Dulu To, Sabar

"Kan sudah jelas semua, Bu Mega sudah ngumumin, seluruh DPP ada dan kemarin saya pulang nderekke Pak Jokowi. Kemarin saya di-brefing. Kalau soal wakil, nanti dulu to, sabar. Biar beritanya tambah," kata Ganjar dalam keterangan tertulis.

Hal itu Ganjar sampaikan usai shalat Idul Fitri bersama Presiden Joko Widodo di Masjid Sheikh Zayed Al Nahyan Solo, Sabtu (22/4/2023). Pada momen hari yang fitri itu keduanya tampak kompak mengenakan sarung.

Menurut Ganjar, PDI-P pasti sudah menyiapkan beberapa nama yang akan ditunjuk sebagai wakilnya. Selain itu, nama wakil juga kemungkinn akan menunggu kerja sama antarpartai.

"Kalau nama saya belum tahu. Tapi kalau soal internal atau bukan, pasti PDI-P juga mempertimbangkan, karena negara ini terlalu besar kalau diurus sendiri. Maka, kerja sama dibutuhkan dengan elemen masyarakat, khususnya partai-partai politik lain. Soal koalisi, tunggu sebentar lagi," jelasnya.

Ditanya soal kriteria yang pas untuk menjadi pendampingnya, Ganjar mengatakan siap dipasangkan dengan siapapun anak bangsa. Namun ia berharap wakilnya nanti adalah orang yang bisa diajak kerja sama dan memiliki visi misi yang sama.

"Kalau nama-nama banyak, tadi pak Presiden Jokowi juga menyebutkan beberapa nama. Kalau saya dipasangkan dengan semua anak bangsa cocok, karena mereka orang Indonesia semua. Yang penting bisa bekerja sama dan satu visi," katanya.

Sementara itu, Jokowi juga menyambut baik pencapresan oleh PDI-P agar membuat masyarakat semakin mendapat gambaran tentang calon pemimpin masa depan.

"Ya kemarin kan sudah lihat semuanya pelaksanaan keputusan yang dilakukan oleh Ketua Umum PDI-P, Ibu Megawati. Ya satu persatu calonnya sudah semakin jelas. Tinggal menunggu siapa cawapresnya," kata Jokowi.

Saat ditanya tentang Cawapres yang paling cocok mendampingi Ganjar, Jokowi hanya tersenyum dan meminta awak media bertanya langsung ke Ganjar.

"Kok tanya saya, ya yang cocok sama beliau (Ganjar) kan banyak. Banyak itu," ucapnya sambil tertawa.

Jokowi kemudian menyebutkan beberapa nama yang cocok mendampingi Ganjar. Ada Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno, Menko Polhukam Mahfud MD, dan lainnya.

"Ada juga Pak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Pak Airlangga (Hartarto, Ketua Umum Golkar). Banyak," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/22/093619478/ditanya-soal-cawapres-ganjar-nanti-dulu-to-sabar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke