Salin Artikel

Medan Masuk Daftar Kota Pintar di Dunia Peringkat ke-112, Bobby Nasution: Alhamdulillah

KOMPAS.com - Mengalahkan Athena dan Roma, Kota Medan masuk dalam daftar kota terpintar di dunia tahun 2023.

Hal ini dilansir dari Tribun-Medan.com, berdasarkan IMD World Competitiveness merilis Smart City Index (SCI) Report 20223.

Dari 141 kota di seluruh dunia yang diteliti, Kota Medan berhasil masuk daftar Indeks Kota Pintar (Smart City Index) 2023.

Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tersebut menempati urutan ke-112 mengalahkan kota-kota besar di negara lainnya.

Dalam rilis tersebut juga diterangkan, keberhasilan Kota Medan masuk dalam kota pintar dunia berhasil mengalahkan Kota Athena (Yunani) dan Roma (Italia).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Kota Medan masuk dalam daftar kota pintar dunia karena dinilai mampu memenuhi kebutuhan sanitasi dasar.

Selain itu, Kota Medan diketahui memiliki layanan daur ulang yang memuaskan.

Tak hanya itu, Kota Medan juga dinilai memiliki fasilitas transportasi publik yang baik, mempermudah layanan akses informasi pemerintah daerah (pemda), serta mempunyai fasilitas pelayanan kesehatan yang memuaskan.

Penilaian terhadap Kota Medan tersebut sama dengan penilaian terhadap Jakarta yang berhasil masuk dalam daftar kota pintar dunia.

Wali Kota Medan Bobby Nasution memposting beberapa artikel terkait Medan Kota terpintar di instagram resmi miliknya @bobbynst.

Dalam postingan itu Bobby mengucapkan terimakasih kepada ISCI yang telah menilai Kota Medan termasuk kota pintar di dunia.

"Banyak dapat kiriman Direct Massenger (DM) di instagram soal ini, alhamdulillah," tulis Bobby Nasution.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Medan Masuk Daftar Kota Pintar Dunia 2023, Kalahkan Athena dan Roma, Ini Respon Bobby Nasution

https://regional.kompas.com/read/2023/04/14/203148778/medan-masuk-daftar-kota-pintar-di-dunia-peringkat-ke-112-bobby-nasution

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke