Salin Artikel

Istri Gus Dur Sinta Nuriyah Wahid Apresiasi Solo Duduki Urutan Keempat sebagai Kota Toleransi di Indonesia

"Saya sungguh bangga dan mengucapkan selamat kepada Surakarta yang telah menduduki peringkat keempat," kata Sinta saat menyapa masyarakat Solo di Pendapa Gede Kompleks Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (12/4/2023) petang.

Menurut Sinta, dasar utama menciptakan kerukunan antar-umat beragama yang paling penting adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Bagi saya paling penting adalah meningkatkan keimanan, dan taqwa kepada Allah SWT. Itu yang menjadi dasar akan terciptanya kerukunan di antara kita kaum beragama," terang dia.

Disinggung mengenai toleransi di Indonesia secara umum, Sinta menilai masih harus disempurnakan.

Sebab, kata dia masih ada bentrokan agama, politik dan lain-lain. Sehingga toleransi di Indonesia masih harus disempurnakan.

"Kalau mengenai toleransi di kota mana toleransinya tinggi dan sebagainya saya itu bukan ahli statistik dan tidak menjelajah sana-sana. Untuk mengukur lebih tinggi toleransinya nggak. Tapi secara umum toleransi di Indonesia itu dikatakan tidak baik ya cukup baik, tapi belum begitu sempurna. Masih harus disempurnakan toleransinya karena masih terjadi bentrokan-bentrokan agama, bentrokan-bentrokan politik dan macam-macamlah," ungkap Sinta.

Sebagai informasi, SETARA Institue sendiri telah rilis penghargaan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022. Penghargaan tahunan ini sudah berjalan di tahun keenam.

Adapun penghargaan ini ditujukan untuk memberikan baseline dan status kinerja pemerintah kota dalam mengelola kerukunan, toleransi, wawasan kebangsaan dan inklusi sosial.

Baseline tersebut diharapkan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat, pemerintah dan berbagai pihak yang ingin mengetahui kondisi toleransi di 94 kota di Indonesia.

Dalam rilis IKT 2022, tercatat Singkawang berada urutan pertama dengan 6.583 poin disusul Salatiga 6.417 poin dan urutan tiga Bekasi, 6.080 poin.

Urutan empat Surakarta atau Solo, 5.883 poin, disusul di bawahnya Kediri, 5.850 poin, Sukabumi, 5.810 poin, Semarang, 5.783 poin, Manado, 5.767 poin, Kupang 5.687 poin, terakhir Magelang, 5.670 poin.

"IKT ini adalah publikasi keenam harapannya maka kerja-kerja lanjutan ini bisa dikerjakan bersama-sama atau bisa diambil alih dikerjakan secara kolektif tidak hanya melulu oleh SETARA tetapi juga oleh banyak pihak," kata Ketua Badan Pengurus SETARA Institue, Ismail Hasani di Jakarta Pusat, Kamis (6/3/2023).

Adapun pembobotan dari Indeks Kota Toleran (IKT) 2022 meliputi delapan hal diantaranya: 1. Rencana Pembangunan (10 persen), 2. Kebijakan Diskriminatif (20 persen) 3. Peristiwa Intoleransi (20 persen), 4. Dinamika Masyarakat Sipil (10 persen), 5. Pernyataan Publik Pemerintah Kota (10 persen).

Kemudian Tindakan Nyata Pemerintah Kota (15 persen), Heterogenitas agama (5 persen), dan Inklusi sosial keagamaan (10%).

https://regional.kompas.com/read/2023/04/12/202520978/istri-gus-dur-sinta-nuriyah-wahid-apresiasi-solo-duduki-urutan-keempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke