Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Puluhan Ribu KIP Ditemukan di Tempat Rongsokan | Peresmian GKI Yasmin

KOMPAS.com - Puluhan ribu Kartu Indonesia Pintar (KIP) ditemukan di lapak rongsokan di Desa Narimbang Mulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, oleh polisi yang sedang berpatroli, Kamis (6/4/2023).

Lapak tersebut milik Udin (54). Udin mulanya membeli puluhan karung berisi kertas dan kartu dari seseorang. Barang-barang tersebut ia beli seharga Rp 800.000.

Ia mengaku tak mengetahui barang-barang tersebut tidak boleh dijual.

Berita lainnya, gedung Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin di Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), akhirnya diresmikan pada Minggu (9/4/2023).

Peresmian dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Kini, gedung gereja tersebut dinamai GKI Pengadilan Pos Bogor Barat.

Berikut berita-berita yang menjadi sorotan pembaca Kompas.com pada Minggu.

Polisi menemukan puluhan ribu KIP di sebuah lapak rongsokan di Desa Narimbang Mulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.

Pemilik lapak rongsokan, Udin, mengaku tak mengetahui bahwa ada KIP di antara barang yang dibelinya. Ia mengira karung-karung seberat empat kuintal tersebut berisi kertas dan kartu biasa. Dia membelinya dari seseorang.

"Sekitar 10 hari lalu datang orang bawa losbak, jual kertas sekitar 40 karung," ujarnya, Jumat (7/4/2023).

Udin membeli barang-barang itu seharga Rp 800.000.

"Kalau tahu itu (KIP) enggak boleh (dijual) enggak bakal saya beli, rugi juga kan Rp 800.000, tapi sekarang saya pasrah saja," ucapnya.

Baca selengkapnya: Lapak Rongsokannya Didatangi Polisi karena Ditemukan Puluhan Ribu KIP, Udin: Rugi Rp 800.000, kalau Tahu Tak Boleh, Enggak Saya Beli

Gedung GKI Yasmin akhirnya diresmikan.

Menko Polhukam Mahfud MD yang turut meresmikan tempat ibadah tersebut mengatakan, ada proses panjang dan dinamika yang luar biasa sebelum akhirnya GKI Yasmin diresmikan.

"Negara ini adalah negara yang berdasar konstitusi, negara religius nation state, negara kebangsaan yang berketuhanan sehingga semua agama harus dilindungi dan dijamin haknya untuk hidup. Terutama para pemeluknya tidak berdasarkan jumlah pengikut tetapi semua yang memeluk agama harus dilindungi sesuai dengan jaminan atau perintah konstitusi," ungkapnya.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian memanjatkan puji syukur karena permasalahan selama kurang lebih 16 tahun itu akhirnya terselesaikan dengan baik.

"Hormat saya kepada Pak Menkopolhukam yang telah memberikan dorongan terus-menerus untuk negara hadir. Kemudian kerja keras yg luar biasa dan kegigihan luar biasa dari pak wali kota Bima Arya. Saya memahami betul langkah langkah beliau bergerak dari door to door ke pusat dan tidak kenal berhenti sehingga bisa memediasi semua pihak (yang berkonflik)," tuturnya.

Baca selengkapnya: Diwarnai Konflik Selama 16 Tahun, GKI Yasmin Akhirnya Diresmikan oleh Menkopolhukam dan Mendagri

Dua orang tak sadarkan diri usai motor yang dikendarainya terjatuh ke jurang sedalam 15 meter di Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Jabar, Sabtu (8/4/2023) malam.

Kedua korban itu bernama Dadan Supardan (45) selaku pengendara motor dan Rosmiati (45) sebagai pembonceng. Keduanya merupakan warga Kabupaten Bandung, Jabar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Atang Sutarno menuturkan, usai dievakuasi, kedua korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang.

"Saat ini, kedua korban dalam penanganan tim medis di IGD RSUD Sumedang," terangnya, Minggu.

Agar kejadian ini tak terulang, Atang mengimbau kepada pengguna jalan supaya lebih waspada, terutama ketika melintasi kawasan Cadas Pangeran yang gelap.

Baca selengkapnya: Motor Masuk Jurang di Cadas Pangeran Sumedang, 2 Korban Kritis

R.H.Tjetjep Suprijadi, maestro dalang wayang golek dari Karawang, Jabar, meninggal dunia pada Minggu sekitar pukul 05.20 WIB.

Kepala Sub Koordinasi Pengembangan Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang Neni Martini menjelaskan, Tjetjep Suprijadi merupakan dalang masyhur di era 1970-an.

Tjejep dikenal banyak menciptakan kisah-kisah baru dalam wayang golek. Salah satu yang terkenal adalah Nurkala Kalidasa.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Nagasari menerangkan, Tjetjep meninggal dalam usia 92 tahun.

"Almarhum sudah sakit sejak lama. Namun, ingatannya masih bagus. Saya terakhir bertemu tiga tahun lalu. Beliau sudah menggunakan kursi roda," bebernya.

Baca selengkapnya: Maestro Dalang Wayang Golek Tjetjep Suprijadi Tutup Usia

Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Raya Bukittinggi-Padang, tepatnya di Bintungan, Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Minggu sekitar pukul 12.00 WIB.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Kepolisian Resor (Polres) Padang Panjang Iptu Aldy Lazzuardy menyampaikan, peristiwa bermula saat truk bernomor polisi B 9178 DU melaju dari arah Bukittinggi menuju arah Padang Panjang.

Di lokasi kejadian, truk diduga mengalami rem blong hingga kemudian menghantam tujuh kendaraan.

Truk bermuatan alat berat tersebut juga menabrak garasi rumah, tempat percetakan bahan bangunan batako, dan empat pejalan kaki.

"Akibat kejadian, satu orang meninggal dunia, dua orang luka berat dan 12 luka ringan. Korban dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis," paparnya.

Baca selengkapnya: Truk Tabrak 7 Kendaraan dan 4 Pejalan Kaki di Jalan Raya Bukittinggi-Padang, 1 Orang Tewas

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan; Kontributor Sumedang, Aam Aminullah; Kontributor Karawang, Farida Farhan; Kontributor Padang, Perdana Putra | Editor: Pythag Kurniati, Andi Hartik, Dita Angga Rusiana)

https://regional.kompas.com/read/2023/04/10/061600078/-populer-nusantara-puluhan-ribu-kip-ditemukan-di-tempat-rongsokan-peresmian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke