Salin Artikel

Densus 88 Geledah Sejumlah Kantor Yayasan di Sigi dan Donggala, Diduga Terafiliasi Jamaah Islamiyah

KOMPAS.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menggeledah sejumlah kantor yayasan di Sigi dan Donggala, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Selasa (28/3/2023).

Penggeledahan dilakukan usai beberapa waktu lalu Densus 88 menangkap lima orang yang diduga terkait Jamaah Islamiyah.

Kasubid Penmas Bidhumas Polda Sulteng Kompol Sugeng Lestari membenarkan adanya penggeledahan yang dilakukan oleh Densus 88 di Kabupaten Sigi dan Donggala.

"Benar, ada penggeledahan. Kegiatan tersebut merupakan pengembangan dari penangkapan lima orang terduga teroris di Kota Palu dan Sigi beberapa waktu lalu," ujarnya, dilansir dari Antara.

Aparat menduga, kantor yayasan tersebut menjadi tempat penggalangan dana untuk kegiatan para terduga teroris.

Barang bukti diamankan

Sementara itu, dari hasil penggeledahan tersebut Densus 88 mengamankan sejumlah buku, laptop dan anak panah.  

Terkait penggeledahan tersebut, Ketua Rukun Tetangga (RT) 21 Dusun V Desa Tinggede Aspar menjelaskan, pihaknya akan melakukan penertiban kartu tanda penduduk (KTP) di wilayahnya.

"Kami sudah panggil untuk melapor tapi tidak datang. Kami harap pemerintah desa lebih aktif dan tegas dalam melakukan penertiban," ucapnya.

Seperti diketahui, Densus 88 menangkap lima orang pada 16 Maret di beberapa tempat.

Kelima orang itu berinisial inisial AF (41), KP (52), MA (42), ZA (42) warga Kota Palu dan RA (42) warga Kabupaten Sigi.

Kasubbid Penmas Kompol Sugeng Lestari pada Jumat (17/3/2023) mengatakan, kelimanya diduga terlibat dalam jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

“Benar, Densus 88 AT Polri dibantu Polda Sulteng mengamankan 5 orang terduga teroris, mereka yang diamankan 4 orang warga Kota Palu dan 1 orang warga Kabupaten Sigi inisial RA,” ungkap Sugeng Lestari.

Selain itu, kata Sugeng, Densus 88 juga mengamankan sejumlah barang bukti dari hasil penggeledahan, yaitu 13 buah buku, 3 bundel dokumen suatu yayasan, sebilah parang, 5 bilah pisau lempar, 1 bilah pisau lipat, 3 buah teleskop, 9 buah busur panah, 1 pucuk senapan angin dan lain-lain.

(Penulis: Kontributor Poso, Mansur | Editor : Khairina) 

https://regional.kompas.com/read/2023/03/29/081655478/densus-88-geledah-sejumlah-kantor-yayasan-di-sigi-dan-donggala-diduga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke