Salin Artikel

2 Ekor Kucing Kuwuk Hendak Diselundupkan dari Sumsel ke Bangka

Kucing liar Asia yang sekilas mirip anak macan tutul itu kini diobservasi di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi Air Jangkang, Bangka.

Kepala Resort Konservasi Eksitu Wilayah XVII Bangka Fadli Jundana mengatakan, dua individu satwa liar jenis Kucing Kuwuk dikirim dari Sumatera Selatan dengan tujuan Pangkalpinang, Bangka.

"Satwa-satwa tersebut telah diserahkan Polda Babel kepada BKSDA Sumsel untuk selanjutnya direhabilitasi di PPS Alobi sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya," kata Fadli kepada Kompas.com, Sabtu (11/3/2023).

Kucing kuwuk atau kucing congkok merupakan kucing liar kecil Asia Selatan dan Timur. Spesies ini terancam karena hilangnya habitat dan perburuan.

Dalam istilah asing, kucing kuwuk disebut juga leopard cat, merujuk pada bintik-bintik seperti macan tutul di semua subspesies kucing kuwuk.

Selain dua Kucing Kuwuk, petugas juga mengamankan empat individu satwa liar yang tidak dilindungi jenis musang pandan (Paradoxurus hermaphroditus).

Upaya penyelundupan satwa terendus petugas saat proses pengiriman menggunakan kendaraan darat yang harus melewati pelabuhan penyeberangan menggunakan kapal feri.

Saat dilakukan pemeriksaan, petugas menemukan dua kotak terbungkus karton mie instan yang di dalamnya berisi sangkar hewan dengan satwa yang diduga hendak diperjualbelikan.

Dalam waktu bersamaan juga diamankan seorang kurir yang sekaligus sopir kendaraan.

Koordinator PPS Alobi Bangka, Langkasani mengatakan, enam satwa yang terdiri dari dua Kucing Luwuk dan empat Musang Pandan kini dalam proses rehabilitasi.


Hewan tersebut dalam kondisi sehat dan bakal terus dipantau perkembangannya hingga dinyatakan layak untuk kembali ke habitatnya.

"Satwa sehat. Rencana mau ditranslokasi ke Palembang," ujar Langkasani.

Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) mengimbau masyarakat untuk melapor apabila terjadi konflik satwa liar, indikasi perdagangan, pemeliharaan tanpa izin, kematian, maupun perjumpaan satwa liar.

BKSDA Sumsel memiliki layanan call-center pada nomor 081271412141.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/11/175328778/2-ekor-kucing-kuwuk-hendak-diselundupkan-dari-sumsel-ke-bangka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke