Salin Artikel

Pengadaan Seragam ASN di Pemkab Jayapura Telan Anggaran Rp 2 Miliar, Warga: Apakah Bisa Meningkatkan Kualitas Kinerja?

Salah satu warga Kabupaten Jayapura, Michael Yarisetouw menyatakan bahwa pembelian seragam hingga senilai miliaran rupiah bagi ASN bukan sesuatu yang mendesak.

“Apakah dengan seragam dinas yang baru akan membantu peningkatan kualitas kinerja ASN dalam bekerja melayani masyarakat?” tanya Michael saat dihubungi, Kamis (9/3/2023).

Ia juga mempertanyakan apakah pengadaan baju khaki dan batik bagi ASN sudah melalui proses survei, termasuk mengenai kebutuhan bagi ASN.

“Anggaran 2 miliar ini bisa dialihkan untuk kegiatan pelayanan publik lainnya atau pelayanan dasar lainnya, seperti kesehatan dan pendidikan,” kata Michael.

Sementara itu, Koordinator Wilayah (Korwil) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Papua, Mince Oyaitouw bahwa pengadaan seragam adalah sesuatu yang wajar. Pemkab, ujarnya, juga sudah melakukan survei.

“Anggaran 2 miliar ini sudah dianggarkan melalui APBD berarti jelas bahwa sudah ada pos dana untuk pengadaan baju-baju tesebut. Jadi tidak dibebankan lagi ke ASN yang ada di Pemda Kabupaten Jayapura,” katanya melalui pesan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (9/3/2023).

Anggaran itu adalah pengadaan untuk ASN yang berjumlah kurang lebih 4000 orang di Pemkab Jayapura.

“Saya pikir kita juga harus bisa profesional untuk hal itu. Karena selain kesejahteraan masyarakat ASN juga punya kesejahteraan yang harus diurus, salah satunya pengadaan baju bagi ASN,” kata Mince.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi mengungkapkan bahwa Pemkab Jayapura telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk pembelian seragam berupa baju khaki dan kemeja batik bagi ASN di Kabupaten Jayapura.

“Anggaran pembuatan baju khaki dan batik untuk ASN Pemda Jayapura sudah disiapkan di sekretariat daerah dan sudah ada di kas daerah,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi melalui keterangan tertulis, Senin (6/3/2023).

Anggaran itu diambil dari APBD Kabupate Jayapura 2023 sebesar Rp 1,5 triliun.

Dia mengatakan, Bappeda dan BPKAD bersama tim anggaran telah melakukan survei ke lokasi penjahit.

"Kemudian kami juga sudah melakukan perjanjian atau kontak dengan penjahit terkait pemesanan dan pembuatan seragam dinas ASN," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/09/090237078/pengadaan-seragam-asn-di-pemkab-jayapura-telan-anggaran-rp-2-miliar-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke