Salin Artikel

Bahas Nasib 1.345 Guru Honorer Lulus "Passing Grade", Ombudsman Datangi Pemprov NTT

KUPANG, KOMPAS.com - Komisi Ombudsman Nusa Tenggara Timur (NTT) bertemu dengan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi NTT Johana Lisapally untuk membahas nasib 1.345 guru honorer Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang lulus passing grade tahun 2021. Sebab, hingga saat ini nasib guru tersebut belum jelas.

Kepala Perwakilan Ombudsman NTT Darius Beda Daton mengatakan, saat bertemu Johana, dirinya mendapat penjelasan memadai terkait masalah itu.

"Kepada saya, ibu Plt Sekda menjelaskan bahwa sesuai dengan diskusi dengan ibu Anita Gah (Anggota DPR RI) beberapa waktu lalu, maka pada bulan April 2023 ini pemerintah pusat akan membuka formasi PPPK," kata Darius kepada Kompas.com, Rabu (8/3/2023).

Formasi yang dibuka bulan depan itu, akan diprioritaskan kepada 1.345 guru yang lulus passing grade tahap I tahun 2021.

"Untuk itu, para guru diminta untuk mengisi data yang telah diminta," kata Darius.

Darius juga telah berkoordinasi dengan Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT.

Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT akan menginformasikan kepadanya terkait langkah-langkah yang diupayakan terhadap 1.345 guru yang lulus passing grade 2021.

Darius mengaku mendapat komplain dan pertanyaan dari sejumlah guru yang lulus passing grade tahap I tahun 2021 melalui pesan WhatsApp.

Darius berharap, masalah ini bisa segera diselesaikan sehingga para guru bisa mengabdi dan melayani dengan tulus demi kemajuan pendidikan di NTT.

Diketahui, sebanyak 1.345 guru honorer Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang lulus passing grade tahun 2021, hingga saat ini nasibnya belum jelas.

Sebab, Pemerintah Provinsi NTT tak membuka formasi bagi 1.345 guru tersebut pada tahun 2022.

"Petisi itu sudah kami buat sejak Kamis, 2 Februari 2023 lalu di Resto Celebes Kota Kupang," kata Ketua Forum Guru Honorer Lulus Passing Provinsi NTT 2021, Dina Mariana Nomleni, kepada Kompas.com, Rabu (8/3/2023) pagi.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/08/153432178/bahas-nasib-1345-guru-honorer-lulus-passing-grade-ombudsman-datangi-pemprov

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke