Salin Artikel

Warga Lumajang Tanam Pohon Pisang di Jalan Berlubang, Bupati Janjikan Perbaikan hingga Masyarakat Diminta Sabar

KOMPAS.com - Warga Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menanam pohon pisang di sejumlah titik jalan berlubang karena membahayakan pengendara.

Hal ini dilakukan sebagai tanda agar pengguna jalan lebih berhati-hati.

Sebab, banyaknya lubang-lubang berukuran besar dan dalam berada di tengah jalan mengakibatkan tidak sedikit pengendara roda dua yang terjatuh dan terluka.

Salah satu warga Klakah, Bandi mengaku sengaja menanami pohon pada jalan yang berlubang sebagai penanda bagi pengendara.

Menurut Bandi, sudah banyak yang terjatuh akibat lubang besar dan dalam tersebut.

"Kalau gak ditanami ini kalau ada yang lewat jatuh bagaimana, apalagi kalau hujan kan gak kelihatan. Ya banyak yang jatuh," kata Bandi di Lumajang, Rabu.

Beberapa ruas jalan yang rusak parah di antaranya Jalur Lingkar Timur (JLT), Jalan Raya Yosowilangun, Jalan ke Gunung Ringgit, Jalan ke IAI Syarifudin, dan Jalan ke Pasrujambe.

Janji Bupati Lumajang

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan, pihaknya menjanjikan perbaikan jalan akan rampung pada akhir Maret 2023.

Menurut dia, rusaknya jalan diakibatkan oleh hujan.

"Musim hujan adalah siklus rutin jalan rusak. Iya, segera kami perbaiki. Insyaallah akhir bulan Maret ini akan diperbaiki dan beberapa titik yang rusak parah dilakukan hotmix," ujar dia dikutip dari TribunJatim.com, Rabu.

Kendati demikian, pihaknya masih melakukan perencanaan terlebih dahulu.

Menurut dia, waktu realistis dalam mengerjakan perbaikan jalan tersebut yakni usai musim hujan.

Dia menjelaskan ada beberapa program pemerintah untuk menanggulangi kerusakan jalan secara cepat.

Di antaranya Program Ngapling atau Ngaspal Keliling oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Lumajang.

"Beberapa ruas jalan saat ini masih tahap perencanaan, dan juga masih menunggu musim hujan reda. Karena pekerjaan pembangunan jalan sangat terganggu apabila terjadi hujan," ucap dia.

Warga diminta sabar

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati meminta masyarakat agar bersabar terhadap permasalahan jalan rusak yang masih belum tertangani.

"Keterbatasan anggaran yang membuat kami belum tuntas menyelesaikan persoalan kerusakan jalan. Namun, alhamdulillah sekitar 75 persen kerusakan jalan di seluruh wilayah telah terselesaikan. Tahun ini tahap selanjutnya. Dan, insyaallah tahun depan tuntas. Bagi yang belum terselesaikan mohon bersabar," ujar dia.

Dia mengatakan, anggaran pemerintah daerah dari pemerintah pusat banyak yang dikurangi.

Alhasil, kondisi tersebut membuat pemerintah daerah harus membagi anggaran yang tersedia untuk kebutuhan program lainnya.

"Karena anggaran daerah banyak dikurangi oleh pemerintah pusat. Ditambah lagi dengan rusak parahnya juga beberapa jalan provinsi dan nasional," pungkas dia.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontibutor Lumajang, Jawa Timur, Miftahul Huda | Editor Dheri Agriesta)

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Warga Lumajang Kesal dan Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak, Bupati Thoriqul Haq Janjikan Perbaikan

https://regional.kompas.com/read/2023/03/01/210236278/warga-lumajang-tanam-pohon-pisang-di-jalan-berlubang-bupati-janjikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke