Salin Artikel

Jalan Trans-Timor Kupang Tertimbun Longsor, Antrean Kendaraan hingga 1 Kilometer

KUPANG, KOMPAS.com - Longsor terjadi di Kilometer 73, Desa Noelmina, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat (17/2/2023) malam.

Longsor tersebut menutup badan jalan nasional Trans-Timor.

Akibatnya, akses transportasi dari Kota Kupang menuju Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Malaka, Belu hingga Timor Leste, maupun sebaliknya lumpuh total.

Hingga Minggu (19/2/2023) pagi, kendaraan bermotor masih mengantre di sekitar area longsoran.

"Panjang antrean kendaraan roda dua, roda empat sampai roda enam sekitar satu kilometer," ungkap Wakil Kepala Kepolisian Resor Kupang Komisaris Polisi Yulius Lau, kepada sejumlah wartawan, Minggu pagi.

Antrean kendaraan itu, lanjut Yulius, sejak Jumat malam.

Yulius mengatakan, jalan tersebut tidak bisa dilewati, karena material longsoran yang menutupi badan jalan semakin banyak.

Padahal, kata dia, telah dikerahkan banyak alat berat untuk membersihkan material berupa tanah, batu dan pohon.

Penyebabnya, lanjut Yulius, semakin dibersihkan materialnya, longsoran tanah dari atas bukit terus terjadi dan dalam jumlah lebih banyak lagi.

Saat ini, kata dia, pemerintah masih berupaya mencari jalan alternatif.


"Agak sulit untuk buka akses alternatif, karena lokasi yang akan dibuka pasti tertimbun, sehingga kami masih cek lokasi alternatif lainnya," kata Yulius.

Secara terpisah, sopir bus jurusan Kupang-Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Albertus Usfinit mengaku, sudah mengantre sejak Jumat malam, beberapa saat setelah kejadian longsor.

Dia mengaku, bus yang dikemudikannya tidak bisa melintas karena tiba-tiba longsor menutupi bahu jalan.

"Waktu itu, saya mau melintas warga berteriak ada longsor sehingga terpaksa saya dengan para penumpang bermalam di sini," kata Albertus.

Penumpang, kata dia, terpaksa melanjutkan perjalanan pada Sabtu (18/2/2023) pagi, dengan berjalan kaki menuju bus lainnya di seberang jalan yang berjarak sekitar tiga kilometer.

Dia berharap, bisa ada jalan alternatif sehingga mereka beroperasi kembali dengan lancar. 

https://regional.kompas.com/read/2023/02/19/072602578/jalan-trans-timor-kupang-tertimbun-longsor-antrean-kendaraan-hingga-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke