Salin Artikel

Satu Desa di Sumbawa Diterjang Banjir Bandang, Belasan Rumah Terendam

SUMBAWA, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyebabkan Desa Mokong, Kecamatan Moyo Hulu, diterjang banjir bandang, Jumat (17/2/2023). Akibatnya, belasan rumah warga terendam material banjir.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa, Rusdianto, yang dikonfirmasi, membenarkan kejadian banjir yang merendam belasan rumah warga tersebut.

"Benar, banjir bandang. Saat ini kami masih asesmen di lokasi," kata Rusdianto.

Rusdianto mengatakan, banjir bandang naik ke perkampungan warga sejak pukul 17.00 Wita. Air setinggi 1,5 meter hingga 2 meter.

Hal itu disebabkan intensitas hujan tinggi dan berdurasi di atas satu jam sehingga sungai meluap.

Ada tujuh rumah terendam banjir di Dusun Sayang dan lima rumah di Dusun Pelita. Banjir juga merusak cekdam Ai Pelempat dan Reban Ai Bage.

Area persawahan yang terendam 15 hektar. Selain itu, satu kerbau warga hilang terbawa  arus banjir.

Empat petak kolam ikan, tiga kubik kosen, 10 sak pupuk dan 14 batang kayu juga terdampak banjir.

Saat ini, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa dan memonitoring dampak banjir.

Ia mengimbau warga agar waspada dan berhati-hati akibat dampak cuaca ekstrem selama satu minggu ke depan karena puncak musim hujan.

Dengan kejadian tersebut, Rusdianto meminta kepada warga yang akan bepergian agar berhati-hati apabila melintasi lokasi jalan yang banyak memiliki pohon besar, karena saat-saat ini cuaca sedikit ekstrem dan dikhawatirkan akan terjadi bencana alam.

"Kami imbau masyarakat untuk senantiasa waspada, jika tengah terjadi cuaca buruk seperti hujan disertai angin kencang agar menghindari tempat-tempat berbahaya," kata Rusdianto.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/17/214503178/satu-desa-di-sumbawa-diterjang-banjir-bandang-belasan-rumah-terendam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke