Salin Artikel

Pulang Mandi, IRT Disabilitas di Sumsel Diperkosa Tetangga

OKU, KOMPAS.com - Seorang Ibu Rumah tangga (IRT) inisial PA (22) penyandang disabilitas di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, diperkosa oleh ME (49) yang merupakan tetangganya ketika pulang dari sungai setelah mandi.

Akibatnya, ME kini mendekam di sel tahanan Polres OKU usai dilaporkan suami PA.

Kasi Humas Polres OKU, AKP Syafaruddin mengatakan, kejadian bermula saat korban pergi mandi di belakang rumahnya seorang diri.

Namun, ternyata ME yang telah dikuasai hawa nafsu telah mengintai korban dari belakang. Ketika melihat korban sudah mandi, tersangka pun menghadang PA di tengah jalan dengan membawa pelepah pohon kelapa.

“Korban yang ketakutan mau lari, kemudian dipukul oleh tersangka dengan pelepah pisang tersebut hingga terjatuh. Setelah itu korban diperkosa oleh pelaku,” kata Syafaruddin, Rabu (15/2/2023).

Syafaruddin menjelaskan, usai kejadian, korban hanya diam di rumah dan tak menceritakan kejadian itu ke suaminya.

Akan tetapi, PA begitu terkejut saat melihat ME tiba-tiba ada di rumahnya yang saat itu membantu suami korban menurunkan tedmond yang baru dibeli.

PA yang masih mengalami trauma ini menjadi ketakutan dan menunjuk ke arah ME. Suami korban yang curiga lalu menanyakan kepada PA. Ia pun baru bercerita bahwa sudah diperkosa pelaku ketika baru selesai mandi.

“Sehingga  tersangka langsung dibawa ke RT setempat dan diserahkan ke Polres. Pelaku sempat menyangkal, tapi akhirnya mengaku,” ujar Kasat.

Hasil pemeriksaan, aksi pemerkosaan itu dilakukan tersangka ME sebanyak satu kali.

“Pengakuannya khilaf, karena melihat korban mandi. Korban memang penyandang disabilitas, sementara pelaku adalah tetangganya,” jelasnya.

Atas perbuatannya, ME dikenakan pasal 285 KUHP tentang kekerasan memaksa orang untuk bersetubuh di luar perkawinan dengan ancaman penjara paling lama 12 tahun.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/15/135128778/pulang-mandi-irt-disabilitas-di-sumsel-diperkosa-tetangga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke