Salin Artikel

Jalan Tembus Tawangmangu-Sarangan Tertimbun Tanah Longsor, Situasi Tak Aman, Jalan Dialihkan

SOLO, KOMPAS.com - Jalan tembus Tawangmangu-Sarangan, Magetan di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tertimbun tanah longsor.

Peristiwa tanah longsor terjadi pada Selasa (14/2/2023). Sejak pukul 12.00 WIB telah mengalami lima kali longsor dan saat ini longsor susulan dengan skala kecil juga masih berlangsung.

Camat Tawangmangu Eko Joko Widodo mengatakan, peristiwa ini terjadi karena intensitas hujan deras dan berdurasi lama menguyur kawasan tersebut.

"Karena curah hujan begitu tinggi dan lama. Kemudian, karena dataran tinggi sering terjadi tahan longsor," kata Eko Joko Widodo saat dikonfirmasi, Selasa (14/2/2023).

Akibatnya, jalan dialihkan melalui jalur lama sisi utara, hingga waktu yang belum dipastikan.

"Saat ini masih di TKP. Pembersihan belum bisa karena terlalu riskan. Menunggu situasi aman," jelasnya.

Meskipun sempat beredar kabar, saat longsor terjadi kendaraan yang melewati jalur, Eko mengatakan setelah dilaksanakan pengecekan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Tidak ada korban. Tapi tadi ada mau lewat. Tapi sudah ada yang memperingatkan agar tidak lewat di situ. Saat ini masih saja longsoran. Masih ada kecil-kecil," jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah titik lokasi di Kecamatan Tawangmangu juga mengalami tanah longsor, seperti di Desa Gondosuli. Kemudian Desa Nglebak, ada dua titik longsor serta Desa Tengklik terdapat 3 titik dan satu titik di Desa Sepanjang.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/14/145057178/jalan-tembus-tawangmangu-sarangan-tertimbun-tanah-longsor-situasi-tak-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke